Promote Dorong PRT Sebagai Pekerja Profesional

0
102
Inspiratifnews.com – Makassar– Lembaga Ngo dibawah naungan Badan Perserikatan Bangsa – bangsa (PBB) yaitu International Labaur Organization (ILO) menggelar pertemuan dengan stake holder dalam meeting proyek promotef di hotel tree makassar, selasa (29/3).

 

IMG_20160329_130647
Foto : Muh Rasyidi Bakry (kord.program promote sulsel)
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dari proyek- proyek penanganan buruh di sulsel. Fadiah Mahmud, fasilitator pertemuan menjelaskan bahwa pertemuan ini akan fokus membahas buruh anak dan pembantu rumah tangga. ” ILO memfasilitasi pertemuan ini untuk membahas masalah pekerja anak dan pekerja rumah tangga,” ujarnya Selasa (29/3).
Karenanya, Fadiah meminta semua stake holder yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk bisa sharing terkait dengan berbagai aspek dari masalah pekerja rumah tangga dan anak. Salah satu peserta, Iskandar dari Komite Serikat Pekerja Indonesia mengatakan bahwa saat ini sudah ada perubahan dari pekerja rumah tangga dari pembantu rumah tangga menjadi asisten rumah tangga atau pekerja rumah tangga. ” Sebenarnya sudah ada perubahan, sehingga yang perlu kita dorong adalah adanya payung hukum berupa perda yang bisa melindungi pekerja rumah tangga,” ujarnya.
Kordinator Program Promote Provinsi Sulsel Muh.Rasyidi Bakri katakan kami akan perjuangkan pekerja rumah tangga untuk mendapatkan upah yang layak seperti asuransi dan BPJS, ujarnya.
Kedepan, Rasyidi punya visi agar pembantu rumah tangga dapat dijadikan sebagai pekerja profesional dengan melakukan inovasi dan peningkatan skill pembantu rumah tangga melalui sertifikasi profesi, pungkasnya. (ish)

Komentar Pembaca