Protes Saut! KAHMI Sultra Demo di Bundaran HI

0
179

Inspiratifnews.com – Jakarta, keluarga besar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengenakan kaos putih bertuliskan “Saya Alumni HMI, Saya Anti Koruptor” sebagai bentuk protes terhadap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang telah menghina HMI.

AKsi dilakukan puluhan alumni HMI yang tergabung dalam KAHMI Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar acara aksi simpatik disela-sela jalan sehat di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

“Kami keluarga Alumni HMI Sultra baik yang berdomilisi di Jabodetabek maupun yang berasal dari Kendari,  berkumpul di Jakarta dan menggelar jalan aksi damai melalui jalan sehat sebagai bentuk protes kami pada Saut Situmorang yang telah melecehkan keluarga besar HMI dan KAHMI,” kata Hidayat  Baftim, salah seorang alumni HMI Cabang Kendari Hidayat Minggu (8/5/2016), seperti yang dilansir kabarnusa.com

Mereka menyempatkan berbaur dengan mahasiswa berbagai kampus yang menggelar aksi anti korupsi untuk Indonesia yang bermartabat, sebelum akhirnya membubarkan diri.

Dijelaskan, aksi tersebut bentuk respon, adanya pernyataan salah satu pimpinan KPK, Saut Situmorang ketika menjadi narasumber dalam sebuah acara TalkShow bertajuk Benang Merah “Harga Sebuah Perkara”.

Dalam tayangan di salah satu televisi swasta nasional pada Kamis 5 Mei 2016, Saut menyatakan “Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat”.

“Pernyataan Saut Situmorang ini telah dengan jelas melukai para kader HMI karena telah menggeneralisasi bahwa “kader HMI adalah koruptor” dan “kalau sudah menjadi pejabat bisa menjadi koruptor yang sangat jahat,” ujarnya dikutip mediajakarta.com.

Menurut alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo (UNHALU) ini, Saut telah merusak kehormatan dan nama baik HMI baik secara institusional maupun secara personal kader-kader HMI.

Di HMI, para kader tidak pernah diajarkan dan dibina untuk menjadi seorang koruptor.

“Bagi HMI, setiap kader dibina melalui proses perkaderan untuk dapat mengaktualisasikan potensi dirinya agar dapat menjadi seorang kader muslim intelektual dan profesional yang memiliki kualitas insan cita.

“Pernyataan Saut Situmorang ini sangat tidak pantas dilakukan dalam kapasitasnya sebagai seorang pejabat publik yang sesungguhnya telah diikat oleh nilai-nilai dasar pribadi (basic individual values) pimpinan KPK.” imbuhnya.

Menurut rencana, Majelis Nasional KAHMI berserta Pengurus Besar HMI akan mendatang Mabes Polri dan secara serentak juga akan dilakukan oleh HMI dan KAHMI diseluruh indonesia besok, 9 mei 2016 guna mempidanakan Saut Sitomorang terkait tudingannya pada HMI di salah satu TV swasta, kamis (5/5). (ish)

Komentar Pembaca