Proyek Fiber Optik Palapa Gunakan Produk Lokal

0
61
Inspiratifnews.com-Jakarta, Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta proyek pembangunan jaringan fiber optik Palapa Ring menggunakan produk yang telah mampu dihasilkan industri dalam negeri.
Proyek strategis nasional ini juga diharapkan mendorong ekonomi digital dan pemerataan akses komunikasi serta informasi di Indonesia.
“Kita sudah punya 10 perusahaan produsen fiber optik dengan kemampuan produksi 1,64 juta kilometer per tahun. Jika produksi ini diserap maka dengan sendirinya menciptakan nilai tambah dan lapangan kerja,” kata Menperin pada Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dan Perjanjian Penjaminan Proyek Palapa Ring Paket Tengah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 4 Maret 2016.
Proyek ini menjangkau daerah-daerah di Indonesia yang dibagi dalam tiga paket wilayah yaitu barat, tengah dan timur. Panjang jaringan fiber optik mencapai sekitar 10.800 km.
“Harapan kami kepada Menteri Komunikasi dan Informatika agar dapat memerintahkan jajarannya untuk mewajibkan penggunaan produk dalam negeri kepada pemenang tender Palapa Ring ini,” ujar Saleh.
Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, dan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.
Perjanjian kerjasama itu antara Menkominfo dengan PT LEN Telekomunikasi Indonesia dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia. Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan rampung pada 2018. “Sedangkan di awal tahun 2019, kami harapkan mulai beroperasi,” katanya. (ish)

Komentar Pembaca