PT PELINDO IV Makassar Dirikan Posko Arus Mudik Lebaran

0
17

Inspiratifnews.com – Makassar – PT Pelindo IV Makassar tengah menyiapkan sejumlah posko menjelang arus puncak mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah, terhitung mulai pekan depan, pada H -15 dan Arus Balik hingga H-15 di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal ini dijelaskan Manager Umum PT Pelindo IV Cabang Makassar, Anwar Pae ketika inspiratifnews.com saat menemuinya diruang kerjanya, kamis (8/6).

“Jajaran Pimpinan BUMN, tengah merampungkan segala persiapan arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Soekarno Hatta, kami bersinergi membentuk posko bersama pada titik – titik arus puncak penumpang kapal pelni”, terang Anwar Pae.

Meski menurut aturan pemerintah, persiapan arus mudik dan arus balik dimulai pada H-15 dan H+15, kata Anwar Pae, sejak dini kami akan melakukan persiapan sebab hal tak terduga biasanya terjadi pada saat H-5, Pelabuhan Soekarno Hatta telah dipadati penumpang dari berbagai tujuan diantaranya berasal dari papua, maluku, jawa, kalimantan, bahkan malaysia.

Bila merujuk pada tahun 2016 lalu, hingga H-3 arus mudik penumpang telah mencapai 32 ribu orang. sementara informasi yang diperoleh dari PT. Pelni bahwa diperkirakan 16 kapal Pelni telah siap bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Adanya 16 Kapal Pelni yang akan berlabuh di wilayah kerja Pelindo IV, maka diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sebesar 3% dari tahun 2016 lalu sebesar 35%-36%. dimana pada saat arus normal kedapatan penumpang di kisaran 700-800 orang maka diarus mudik dan arus balik diperkirakan 1000 penumpang”, terang Anwar.

Untuk langkah antisipasi kepadatan penumpang, PT PELINDO IV mempersiapkan segala sesuatu demi kenyamanan penumpang, selepas menulusuri arus samudra Indonesia seperti ruang menyusui, kipas angin khusus pendingin ruangan, ruang kesehatan, tempat chas ponsel, Toilet Umum, info cuaca dari BMKG termasuk CCTV di sejumlah titik rawan. (*)

Komentar Pembaca