PTMSI Kejutkan Dunia Tenis Meja

0
103

Inspiratifnews.com-KualaLumpur, Meski tidak mendapatkan dukungan dana maupun motivasi dari pemerintah, Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) berhasil mengejutkan dunia dalam kejuaraan World Table Tennis Championship (WTTC) 2016 di Kuala Lumpur Malaysia, pada 29 Februari sampai 6 Maret 2016.

“Sebagai pendatang baru karena tidak mengikuti kejuaraan tenis meja dunia selama tiga tahun, PPMSI berhasil membuat kejutan peserta dari 120 negara yang mengikuti event internasional tersebut,” ujar Ketua Pengurus Pusat PPMSI, Komjen Pol (Purn) Oegroseno dalam siaran pers yang diterima SP, Minggu (13/3).

Oegroseno mengatakan, atlet Indonesia sudah membuktikan mampu bersaing dengan atlet mancanegara. Di luar dugaan, tim Putra Indonesia dalam babak penyisihan berhasil keluar sebagai juara pool. Untuk putra, Indonesia secara keseluruhan menang 3 – 0 atas lima negara yakni Estonia, Irlandia, Sri Langka, Lebanon dan Kongo. “Padahal kongo peringkatnya jauh di atas Indonesia. Kita tetap mengapresiasi tim Indonesia meski babak berikutnya, Indonesia terhenti oleh Chile (putra), kalah 2-3.  Sementara putri ditaklukan Kazakhstan 0-3. Latihan mereka hanya 45 hari,” katanya.

Menurutnya, kualitas tim putra tidak kalah dengan Chile. Kekalahan hanya karena faktor luckysemata. Seharusnya, Indonesia bertemu AS yang juga mengalahkan Congo 2 – 3. Padahal, Indonesia mengalahkan Congo 3 – 1.

Sementara Tim putri juga membuat kejutan meski di hari pertama dikalahkan Finlandia 2 – 3. Namun hari selanjutkan berhasil mengalahkan Macao, Wales, Norwegia dan Laos.

Menurutnya, keberhasilan tim Indonesia ini tidak terlepas dari peranan pelatih dan pengurus yang berhasil membangun kekompakan dengan pemain. Meski demikian, pembinaan terpadu fisik, teknis, science harus segera berjalan sebagaimana mestinya. “Soalnya, Sea Games 2017 dan Asian Games 2018 sudah semakin dekat. Kita optimistis bisa masuk nomisasi 10 besar,” kata dia. (ish/Beritasatu)

Komentar Pembaca