Puan Maharani Akan Membuka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah

0
133

Inspiratifnews.com – Jakarta, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan membuka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah XIII yang akan digelar Yogyakarta pada 26-28 Agustus 2016.

“Akan dibuka oleh Menko PMK Puan Maharani dan dihadiri sejumlah menteri,” kata Ketua Bidang Kemasyarakatan Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah Rita Pranawati dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Dia mengatakan beberapa menteri akan hadir dan terlibat dalam muktamar, di antaranya Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Selain itu, acara empat tahunan itu akan dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan.

Dalam muktamar tersebut, kata Rita, terdapat tiga aspek permasalahan bangsa yang akan dibahas, terutama terkait dengan peran perempuan di dalamnya. Di antaranya tentang pemberdayaan ekonomi, isu pendidikan serta advokasi hukum anak dan keluarga.

Menurut dia, tantangan NA dalam setiap generasi bersifat dinamis atau berubah-ubah sesuai tuntutan zaman. Di awal pendirian NA, permasalahan peran perempuan dihadapkan pada ketidaksetaraan para putri yang belum mendapatkan hak pendidikan dan aktivitas seperti laki-laki.

Di masa kini, kata dia, hal tersebut terkadang dijumpai tapi ditambah persoalan perempuan yang dituntut agar mandiri dalam ekonomi, melawan kekerasan dan tutut serta dalam pengambilan kebijakan publik.

Sejauh ini, kata dia, NA sudah dapat mendorong adanya kemandirian ekonomi perempuan, hanya saja dampaknya perlu diperluas lagi. Dia mencontohkan, NA telah merintis terbentuknya asosiasi pengusaha dan usaha mikro yang berbasis anggota NA.

Muktamar NA merupakan forum permusyawaratan tertinggi sekaligus sarana konsolidasi kader yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia. Selain suksesi kepemimpinan, beberapa isu persoalan bangsa dibahas untuk ditindaklanjuti dengan solusi.

Acara empat tahunan itu akan diikuti lebih dari seribu peserta dan penggembira yang datang dari seluruh Indonesia.

Nasyiatul ‘Aisyiyah merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang berdiri sejak 16 Mei 1931. Artinya, kiprah organsiasi perempuan muda bagi bangsa sudah lebih dari 85 tahun. Organisasi ini gerakan putri Islam yang bergerak di bidang keperempuanan, keagamaan, kemasyarakatan dan pendidikan. (*) 

Komentar Pembaca