Refleksi Pimpinan KPK, Kado 2016

0
29

Sebuah PROLOG tentang Pimpinan KPK.

Oleh: Muhammad Solihin S, SH (Kepala Sekolah Madrasah Anti Korupsi)

 

IMG_20160102_150740
(Foto : Muh.Solihin)

Inspiratifnews.com, Transisi kepemimpinan dari Abraham Samad ke periode Taufiqurrahman ruki mengalami kemunduran drastis, kinerja KPK merosot hanya 33 kasus yang diungkap, Anggaran Negara yang diselamatkan hanya 198 M, padahal penyerapan anggarannya 500 M lebih, Operasi tangkap tangan ada 5 kasus. KPK tidak lagi menjadi episentrum dalam menjalankan tugasnya di masa kepemimpinan Ruki.

 

Fungsi pencegahan memang diharapkan dapat lebih maksimal tapi jangan mengenyampingkan upaya penindakan. Kepemimpinan masa Abraham Samad sangat kental dengan gaya penindakan yang tegas dan berani, sebab pimpinan dominan berlatar belakang Hukum. melihat komposisi pimpinan KPK saat ini sangat menarik, karena berangkat dari latar belakang yang berbeda.

 

Tantangan terbesar Agus Raharjo, berangkat dari 2 prolog. prolog pertama, kasus cicak buaya edisi terbaru, dan prolog kedua, pelemahan undang-undang KPK. saya (Solihin) berpesan untuk para pimpinan KPK yang baru agar tidak cemas dengan 2 prolog itu. rakyat akan tetap mengawal kinerja KPK dalam memberantas koruptor. Kasus PELINDO II belum tuntas, selamatkan anggaran 60 M, dan selamatkan martabat Indonesia.(Ish)

Komentar Pembaca