Resmi Berpasangan, IYL – Andi Mudzakkar Usung Tagline PUNGGAWA MACAKKA

0
222

Inspiratifnews.com – Makassar, Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Ichsan Yasin Limpo (IYL) resmi akan berpasangan dengan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar disapa Cakka untuk mendampinginya pada Pilgub Sulsel Tahun 2018 mendatang. Penetapan ini dilakukan pada kegiatan peluncuran aplikasi Program Sejuta Punggawa (PSP) di CCC, Jln Metro Tanjung Bunga, Makassar, pada Sabtu (29/7/2017).

IYL menceritakan, sebelum mengambil keputusan, dirinya melibatkan beberapa tokoh melalui survei. Pada survei yang dilakukan ada 5 nama yang tertinggi, yakni Rusdi Masse, Andi Mudzakkar, Andi Mackulau Datu Maradang, Matius Salempang dan Yagkin Padjalangi.

Dan akhirnya tim Punggawa mengerucut ke dua nama yaitu Rusdi Masse (RMS) dan Andi Mudzakkar. Untuk selanjutnya dilakukan survei kuantitatif, jika terjadi irisan yang kuat dengan saudara Cakka, yaitu Andi Aziz Qahar yang juga bertarung di Pilgub.

“Bahwa proses mengambil keputusan untuk mengambil calon wakil Geburnur yang berpasangan dengan saya, ini juga hal pertama kalinya di Indonesia,” kata IYL, di hadapan ribuan pendukung Punggawa Maccakka.

“Ternyata apa yang dikhawatirkan, jika berpasangan dengan Andi Mudzakkar ternyata itu tidak merawankan saya. Maka dengan itulah, dengan atas nama Tuhan Yang Maha Esa, saya putuskan. Bahwa yang akan mendampingi saya ke depan Andi Mudzakkar,” ucapnya.

Dia mengatakan, hal ini adalah bentuk jati diri Bugis – Makassar dalam mengambil keputusan. “Bagaimana cara mengambil keputusan dengan tetap saling menghargai,” kata IYL.

Dia melanjutkan alasan memilih Andi Mudzakkar, karena memiliki rekam jejak yang sama. Sebagai kepala daerah yang sama – sama dua periode. IYL di Gowa dan Andi Mudzakkar di Luwu.

“Kita sama  sama dua periode dan kita tidak pernah tersentuh korupsi sampai hari ini,” tuturnya.

“Prinsip saya dengan Andi Mudzakkar sama. Kalau pemerintahan harus bisa meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Maka mengambil kebijakan untuk mensejahterakan rakyat. Sama dengan melalui Perda pendidikan. Mengambil alih biaya orang tua siswa kepada pemerintah. Dan itu hanya ada dua di Sulawesi Selatan. Hanya Gowa dan Luwu,” ucapnya.

Meski tidak mengambil pasangan di wilayah Ajattapareng, IYL tetap mengusung Bahasa Daerah Bugis sebagai tagline yakni Punggawa artinya Pimpinan ditambah dengan sapaan Andi Mudzakkar “Cakka” yang ditambahkan imbuhan “MA” sehingga disebut “Macakka” yang artinya Cakap dan Ramah. bila dipadukan “Punggawa Macakka” maka dapat diartikan sebagai “Pimpinan yang Cakap dan Ramah. (*)

 

 

Komentar Pembaca