Revitalisasi YJI, Upaya Menurunkan Kasus Penyakit Jantung

0
105

Inspiratifnews.com – Makassar, Penurunan dan pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD) merupakan prioritas utama dari Visi dan misi Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dengan memberikan kesadaran kepada masyarakat melalui perubahan perilaku hidup sehat. Salah satu program YM adalah panca usaha jantung SEHAT yaitu seimbang gizi, enyahkan rokok, hadapi stress, awasi tekanan darah dan teratur berolahraga.

Dalam melaksanakan kegiatannya YJI mengacu pada kete tuan WHF (World Heart Federation) untuk bersama-sama melawan PJPD dengan target 2 1/2 yang artinya mengurangi tingkat kematian dini yang disebabkan oleh PJPD sebesar 2596 sebelum tahun 2025.

Untuk mengoptimalkan pencapaian target tersebut, Yayasan Jantung Indonesia berkomitmen untuk terus menekan peningkatan PJPD dengan melakukan strategi revitalisasi pada organisasi, keuangan dan program kegiatan dengan mengacu pada UU RI no 16 tahun 2001 tentang yayasan dan UU RI no 28 tahun 2004 tentang perubahan atas UU no 16 tahun 2001 tentang yayasan serta Peraturan pemerintah RI no 63 tahun 2008 tentang pelaksanaan UU tentang yayasan dan PP RI no 2 tahun 2013 tentang perubahan atas PP no 63 tahun 2008 tentang pelaksanaan UU tentang
yayasan.

Upaya penataan organisasi dilakukan mulai dari YJI Pusat, Cabang Utama, Cabang sampai Klub Jantung Sehat (KJS) di seluruh Indonesia.

Dalam hal sistem keuangan yang mengatur sentralisasi keuangan terkait dengan NPWP dan laporan keuangan yang langsung dilaporkan ke YJI sesuai dengan UU yayasan dan sistem akuntasi
keuangan yayasan.

Sementara upaya peningkatan program kegiatan adalah dengan menyusun program-program utama dan strategis lima tahun ke depan yang dapat dilakukan oleh seluruh Cabang Utama dan program yang terkait dengan kearifan lokal (local content).

Syahlina Zuhal selaku ketua umum Yayasan Jantung Indonesia menyatakan bahwa, dengan adanya perubahan zaman yang begitu cepat disertai berubahnya gaya hidup masyarakat terutama di kota-kota besar, tugas YJI semakin berat, untuk itü YJI terus berbenah diri dengan melakukan revitalisasi organisasi dengan meningkatkan profesionalitas dan kinerja demi tercapainya tujuan organisasi.

Proses revitalisasi ditandai dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) I di Semarang pada Kamis, 28 April 2016 yang dilanjutkan dengan Rakorwil Il di Medan, tgi. 4 hingga 6 Agustus 2016, dan ditutup dengan Rakorwil III, tanggal 13 — I5 Oktober 2016 di Makasar.

Dengan adanya Rakorwil ini, diharapkan Cabang Utarna dan Cabang YJI di daerah memahami dan dapat menerapkan program-program Yayasan Jantung Indonesia dengan melibatkan acara-acara daerah atau kearifan lokal lainnya. (*)

Komentar Pembaca