Robot Piap Gryf Gagalkan Ancaman Bom di Hotel Aston

0
108

Inspiratifnews.com – Makassar, Simulasi pencegahan ancaman bom pada pusat bisnis yang diadakan oleh Tim Jihandak Kodam VII Wirabuana, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ancaman teror saat kunjungan Presiden RI ke kota anging mammiri, kamis (19/5) dihotel Aston Makassar.

Menurut Adityo, simulasi mengenai ancaman teror yang kadang – kadang terjadi secara tiba – tiba agar masyarakat juga memahami, langkah – langkah yang perlu dilakukan saat terjadi ancaman bom, kami menyambut baik Manajemen Aston ingin melakukan simulasi ini, ujarnya.

“Ancaman teror diketahui akan meledak diruangan manajemen hotel aston, dengan sigap dan tanggap tim jihandak melakukan pengecekan dan mendeteksi titik – titik keberadaan bom tersebut, dengan menggunakan Robot PIAP Gryf salah satu peralatan militer modern yang dimiliki TNI”, ujarnya saat ditemui inspiratifnews.com.
Lebih lanjut adityo, Karena misi yang berkaitan dengan penjinakan bahan peledak tergolong dinamis, maka kebutuhan perlengkapan tim Jihandak (Penjinak Bahan Peledak) harus disesuaikan. Dan bicara perlengkapan Jihandak maka tak bisa dilepaskan dari sosok ROV (Remotely Operated Vehicle). Selain punya andalan utama ROV Defender, Satuan Jihandak Zeni TNI AD juga mengoperasikan mini ROV mungil yang tak kalah canggih. Berpenggerak roda rantai (wheel tracks), Piap Gryf mampu menyusuri lekuk medan terjal yang sulit ditembus wahana lain, paparnya.

Dari segi dimensi dan bobot, Piap Gryf juga tak sebesar ROV Defender besutan Allen Vanguard. Piap Gryf punya dimensi 69 x 59 x 45 cm dengan roda, sementara dimensi tanpa roda (hanya dengan rantai) menjadi 67 x 46 x 44 cm. Untuk bobotnya juga terbilang ringan, yakni 38 kg. Seperti halnya peran robot dengan kemampuan Jihandak, sasis dan strukturnya sudah dilengkapi proteksi maksimal, salah satunya dengan standar IP 65. Sebagian kelengkapannya, seperti speaker dan mikfrofon punya kemampuan waterproof, ujar Adityo selaku wakil komandan batalyon (Wadanyon) Zeni Tempur (Zeni) VIII.

Dengan lengan teleskopik, Piap Gryf dapat mengangkat, menjepit dan menarik beban seberat 15 kg, dengan tambahan 5 kg lagi dengan penggunaan extended claw. Bicara tentang dukungan imaging, ada moving kamera PTZ (Pan Tilt Zoom) dengan 22x optical zoom. Kecanggihan kamera bertambah dengan asupan IR (infra red) LED illuminators. Sudut kamera utama dapat berputar vertikal 350 derajat dan berputar 150 derajat horizontal. Indra robot juga dilengkapi dengan fixed camera serta sensor pendeteksi panas yang teritegrasi pada bagian depan dan belakang.

Piap Gryf beroperasi dengan kendali remote lewat transmisi frekuensi radio hingga jarak 800 – 900 meter. Unit kendali dioperasikan operator dengan menggunakan seperangkat control panel seberat 12 kg. Control panel dilengkapi layar 15 inchi yang mampu memonitor visual pergerakan robot secara real time. Control panel ditenagai baterai dan dapat beroperasi 4 – 5 jam. Sedangkan wahana robot ditenagai baterai LiFePo4; 33 V kapasitas 5 Ah dengan waktu operasi 2 jam. Secara umum, Piap Gryf dapat bergerak dengan kecepatan normal 3,6 km per jam, dan kecepatan operation mode 0,9 km per jam.(ish)

Spesifikasi Piap Gryf
– Dimensi : 69x59x45 cm (stowed position) dan 67x46x44 (without wheels)
– Berat kosong: 38 kg
– Tranmisi: frekuensi radio
– Jarak jangkau operasi: 800 – 900 meter
– Tenaga: baterai LiFePo4; 33 V Battery capacity: 5 Ah
– Kecepatan: 3,6 km/jam (normal)
– Endurance operasi: 2 jam
– Overcoming vertical obstacles: up to 30 cm
– Climbing stairs: up to 30°
– Climbing slopes up to 45°
– Acceptable lateral tilt: up to 35°
– Clearance: with wheels 7 cm without wheels 6 cm

Komentar Pembaca