Sambut Hari Kemerdekaan, Toraja International Festival Kembali Digelar

0
89

Inspiratifnews.com – Makassar, Di tahun 2016 ini Toraja International Festival (TIF) kembali dihelat untuk empat kalinya. Melihat pelaksanaan Toraja International Festival (TIF) baik TIF pertama, kedua dan yang ketiga, TIF mengalami peningkatan mutu dan penonton yang luar biasa.

Seperti pada tahun 2014 lalu, jumlah penonton TIF mencapai lebih dari 5,000 penonton per hari dan pada tahun 2015 lalu jumlah penonton semakin banyak. Peningkatan jumlah penonton tersebut menjadikan peningkatan statistik kunjungan wisatawan manca negara maupun domestik terjadi dengan sangat menyolok di Toraja.

Penyelenggaraan event International  yang berlangsung pada 17-19 Agustus ini tidak hanya menjadi angin segar untuk destinasi wisata di Toraja, tetapi juga bagi para pemilik warung di lokasi penyelenggaraan Toraja International Festival di Kete Kesu.

Dari pantauan panitia penyelenggara pada TIF tahun lalu, misalnya penjual Indomie di dalam lingkungan Kete Kesu, ada pemilik warung yang omsetnya mengalami peningkatan hingga 30 juta selama acara berlangsung.

Director dan Konseptor Toraja International Festival, Franki Raden, Ph.D mengatakan TIF saat ini telah menjadi sebuah festival budaya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Toraja sendiri memang merupakan salah satu wadah festival yang paling menarik di dunia.

Budaya megalitik Toraja adalah sebuah warisan peradaban dunia yang sangat berharga. Oleh sebab itulah, TIF selalu berusaha menampilkan dan menggali segala jenis kesenian Toraja yang telah hidup selama ratusan tahun.

TIF adalah sebuah festival internasional yang bertujuan untuk membawa pelbagai grup dan bentuk kesenian dunia datang ke Tanah Sakral Toraja. Suatu saat Tanah Sakral ini diharapkan akan dapat menjadi icon dari pertemuan budaya segala bangsa di dunia sebagaimana halnya dengan Indonesia sendiri. Jika tujuan ini dapat tercapai, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dapat dipastikan akan melonjak dengan drastik setiap tahunnya.

“Toraja International Festival adalah sebuah perhelatan budaya dan kesenian dunia yang dikolaborasikan dengan para musisi ibukota maupun lokal dalam satu panggung pagelaran”, jelas Franki sang Maestro TIF ini. (*)

Komentar Pembaca