SDN Mamajang Budayakan “Tepuk Semangat”

0
108

Inspiratifnews.com – Makassar, SD Negeri Mamajang I, III dan IV telah menerapkan sekolah berwawasan lingkungan atau biasa disebut GO GREEN, bahkan terdapat ruang terbuka hijau disalah satu sudut sekolah.

Inspiratifnews.com-sdnmamajang
Salah satu metode ajar USAID Prioritas yang diterapkan SDN Mamajang

Selain penerapan sekolah GO GREEN, menurut Guru SDN Mamajang Drs.Supini, sekolah ini telah melakukan inovasi proses belajar mengajar dan mengasah kemampuan literasi siswa, sebelum memulai proses ngajar mengajar terlebih dahulu guru melakukan kontrak belajar, salah satu isinya bila ingin menjawab pertanyaan siswa diharuskan acungkan tangan terlebih dahulu, ujarnya saat ditemui inspiratifnews.com, rabu (16/3).

Siswa terlihat antusias dengan metode tanya jawab, Supini menambahkan bagi siswa kelas 1 dan 2 diajarkan pula metode bacaan terbimbing, hal ini dilakukan untuk menciptakan interaksi antara siswa dan guru sehingga siswa terbiasa memahami bacaan, sebab alat bantu bacaan ini berisi kalimat dan gambar, ujarnya.

Nah, diantara kalimat itu terdapat kata yang terutupi kertas, inilah cara merangsang daya nalar siswa – siswa dengan menerapkan pola 5 w + 1 h, papar Sulhasni salah satu guru binaan USAID Prioritas. lebih lanjut SulHasni, siswa juga diajarkan bacaan mandiri bergunaa agar siswa lebih terlatih dan fasih dalam memahami bacaan sesuai modul bacaan yang diberikan, dan terakhir siswa diajarkan belajar merangkum, paparnya.

Hal yang menarik, kata orang tua murid Nanda, saya sangat senang dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh USAID Prioritas, anak saya lebih termotivasi untuk belajar namun uniknya disela – sela pembelajaran guru berikan Tepuk Semangat, budaya ini menggembirakan siswa  yang sangat menginspirasi imajinasi dan daya nalar anak saya, ujar Nanda. (Ish)

Komentar Pembaca