SDN Percontohan PAM Kembangkan Budaya Literasi

0
137

Inspiratifnews.com – Makassar, Hari selasa pukul 07.00 wita dilaksanakan kegiatan literasi membaca di halaman SDN Percontohan PAM. Sebanyak 442 siswa dan 24 pendidik dan tenaga kependidikan ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Kegiatan literasi membaca di sekolah tertuang dalam Undang-undang Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Guru-guru terlihat sibuk menyiapkan buku-buku bacaan yang akan dipergunakan, siswa dibebaskan untuk memilih buku bacaan yang akan mereka baca. Setelah memilih buku, para siswa pun dipersilahkan duduk di mana saja yang mereka sukai dan nyaman untuk membaca.

Kegiatan membaca buku 15 menit sebelum memulai pelajaran diharapkan dapat dilakukan di sekolah setiap hari, setelah kegiatan membaca telah dilakukan, Nur Arif MS (Guru Kelas 5 C) bertanya kepada siswanya mengenai buku yang telah ia baca. Andi Rhekeysa menjawab, ia membaca buku berjudul “Tetangga Baru”.

Dalam cerita tersebut terdapat beberapa tokoh yaitu Hana, Heru, Tiara, dan Tomi. Isi cerita tersebut adalah Tomi dan Tiara ingin mempunyai teman. Suatu hari ada tetangga baru yang pindah ke daerah tempat tinggalnya. Mereka terus mengawasi apa yang dilakukan oleh tetangganya tersebut. Pada akhirnya, mereka pun berkenalan dan berteman baik.
Berbeda dengan Galuh Aulia yang membaca buku dengan judul “Guru Baru di Kelas Delima”.

Buku tersebut menceritakan, adanya pergantian guru. Awalnya para siswa kurang senang dengan guru barunya itu. Ternyata Pak Seno yang merupakan guru baru, pandai bercerita. Ketika Ia bercerita tentang Bawang Merah dan Bawang Putih, siswa-siswanya terkagum-kagum mendengarnya. Setiap cerita dibawakan dengan sangat baik sehingga siswa-siswanya mengerti jalan cerita yang dibacakan.

Pak Seno juga pandai menirukan suara sesuai dengan tokoh yang dibacakan sehingga siswa terpukau dan senang dalam mendengarkan cerita. Pesan dari cerita tersebut ialah kita tidak boleh berprasangka buruk kepada orang yang belum kita kenal.

Burhanuddin Talib., S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah berharap, kegiatan membaca dapat dilakukan setiap hari. Dengan harapan dapat menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa dan menjadikan kegiatan membaca sebagai budaya di sekolah, paparnya.(rls)

Komentar Pembaca