Sekretaris BPH Unismuh Kupang Raih Gelar Doktor Sosoliogi

0
118

Inspiratifnews.com – Makassar, Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Kupang, Baco Tang, S.Sos, M.Si berhasil  meraih doktor sosiologi di PPs-UNM, Selasa 19 April 2016 dalam rapat senat luar biasa dipimpin Asdir II PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Ikhsan, M.Kes  Nilai yang diperoleh adalah A dengan IPK, 3,74 sangat memuaskan, merupakan doktor  ke-104 sosiologi PPs-UNM serta doktor ke 427 PPs-UNM.

Baso Tang (ke4 dari kiri) meraih gelar Doktor setelah meneliti Bugis Perantauan.
Dr.Baso Tang, S.sos, M.Si (ke4 dari kiri) meraih gelar Doktor setelah meneliti Bugis Perantauan.

Pria kelahiran Limpoe Bone, 28 Oktober 1966 ini menulis disertasi berjudul, Migrasi dan Perubahan Sosial, Analisis Sosiologis Tentang Kontribusi Etnik Bugis Bagi Ekonomi Kota Kupang.

Selama melakukan penelitian dan penulisan dibimbing oleh Promotor, Prof.Dr.HM.Idrus Abustam dengan Kopromotor, Prof.Dr.H.Pawennari Hijjang, MA dan Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum.

Tim penguji yakni, Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si dan Dekan FKM Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar, Dr.Arlin Adma, M.Si serta penguji eksternal, Guru Besar Sosiologi Universitas Haluoleo Kendari, Prof.Dr.H.Barlian, M.Si.

Simpulan dari hasil disertasinya, Bugis perantauan di Kupang memberikan kontribusi pada aspek ekonomi terutama dalam pengembangan pasar-pasar tradisional, penerimaan retribusi pasar, pajak bumi dan bangunan, penerimaan pajak izin bangunan, kata Baco Tang.

Migrasi orang Bugis ke Kupang, banyak karena diajak keluarga, kenalan serta penempatan kerja selaku PNS. Interaksi orang Bugis selaku pendatang dengan penduduk asli berjalan baik dan tidak terjadi kendala. Perubahan ekonomi migrasi orang Bugis mulai dapat diamati dari pasar-pasar tradisional dan pasar modern, tandasnya.

Baco Tang tamat SPG Watampone 1985, S1 Kesejahteraan Sosial Unismuh Kupang 1998. S2 Kesejahteraan Sosial PPs-Unismuh Malang 2009 dan masuk PPs-UNM S3 Sosiologi tahun 2011.

Sejak 1999 jadi dosen  tetap yayasan Unismuh Kupang. Ketua jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Unismuh Kupang 2004-2011. Sekretaris Yayasan Badan Pembina Harian Unismuh Kupang 2014-2018.(*)

Komentar Pembaca