Selamat Jalan Mr Clean

0
119

Inspiratifnews.com – Jakarta, Mantan menteri keuangan Mar’ie Muhammad berpulang ke rahmatullah di usia 77 tahun, pada Minggu dinihari (11/12), pukul 02.40 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta. Kabar duka meninggalnya tokoh nasional yang dijuluki “Mr Clean” itu disampaikan Irwan Muin melalui whatshap, seorang kerabat Mar’ie. “Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum dan kekhilafannya, serta mohon doa untuk almarhum semoga khusnul khotimah,” kata Irwan Muin, Sekretaris Umum KAHMI Sulsel.

Dr. H. Mar’ie Muhammad, M.Si dilahirkan di Surabaya, pada 3 April 1939 menjabat menteri keuangan pada Kabinet Pembangunan VI di era Orde Baru. Perjuangannya memberantas korupsi di kementrian yang dipimpinnya, membuatnya dijuluki sebagai “Mr Clean”.

Mar’ie menempuh pendidikan Universitas Indonesia hingga mendapatkan gelar Master of Arts in Economics. Pada 1969-1972, dia mengabdi di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI.

Pada 1972-1988 bertugas di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI, dengan jabatan terakhir sebagai direktur. Pada 1988-1993 Mar’ie ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai direktur jenderal.

Pada 1993-1998 diangkat Presiden Soeharto sebagai menteri keuangan. Selepas menjabat menkeu, pada 2001-2004 sebagai Ketua Oversight Committee (OC) Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Pada 1999-2009 Mar’ie menjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI).

Terakhir, Mar’ie menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia. (*)

Komentar Pembaca