Seminar Bersama UNAIR – UUM di Kedah Malaysia

0
107

Inspiratifnews.com – Kedah, Bersama dengan School of Government (SoG), Universitas Utara Malaysia (UUM), Program Magister Hubungan Internasional, Universitas Airlangga (UNAIR) melaksanakan kegiatan Joint Seminar on Public and International Affairs.

Mengawali seminar, Dr. Ahmad Zubair Ibrahim, wakil dekan School of Government (SoG) menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara dengan resmi. Kegiatan ini merupakan prakarsa yang dilaksanakan secara berkelanjutan antara Malaysia dan Indonesia. Sebelumnya delegasi mahasiswa dari SoG-UUM juga melaksanakan kegiatan yang sama dengan beberapa universitas di Indonesia yang ditempatkan di Yogyakarta dan Malang.

Rombongan Universitas Airlangga yang diikuti oleh mahasiswa Program Magister turut menyajikan makalah yang merupakan bagian dari penelitian bersama dengan dosen dan juga bagian penulisan tesis. Seminar bersama ini untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam interaksi dengan dunia akademik di tingkat antarbangsa.

Sementara itu, dosen Universitas Airlangga yang turut dalam rombongan tersebut juga memaparkan beberapa isu terkini berkaitan dengan kajian hubungan internasional yang sementara ini dikaji. Dr.Vinsensio Dugis menyampaikan makalah. Sementara Dr. Baiq Wardhani (Koordinator Program Magister Hubungan Internasional Unair) menyampaikan makalah tentang pentingya membangun budaya akademik dan publikasi di tingkat mahasiswa.

Kegiatan yang dilaksanakan School of Governent UUM sepenuhnya dilaksanakan oleh mahasiswa UUM. Kesempatan ini dijadikan pihak UUM untuk menjadi latihan bagi mahasiswa dalam belajar mengorganisasikan kegiatan bersama yang melibatkan warga akademik di kawasan Asia Tenggara.

Turut dalam kolaborasi ini juga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Sinergi ini dijadikan sebagai awal untuk menggagas pelaksanaan International Postgraduate Research Conference yang akan dilaksanakan di Manad, November yang akan datang.

Dr. Suyatno, salah satu dosen di program magister Hubungan Internasional Universitas Airlangga mengemukakan bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari pengembangan pembelajaran mahasiswa magister. Dengan mengikuti seminar bersama ini merupakan kesempatan untuk memberikan latihan dan juga pengalaman belajar sehingga mahasiswa sejak awal mendapatkan persiapan untuk berinteraksi dengan mahasiswa di negara lain. Terutama berkaitan dengan hubungan internasional, maka interaksi yang dibangun hendaknya berbasis pada penguatan kerjasama di tingkat komunitas. (*)

Komentar Pembaca