Seminar Kesehatan Desa Langda Enrekang, Ini Pembahasannya

0
86

Inspiratifnews.com-Enrekang Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang bersama mahasiswa KKN STAIN Parepara dan UNM Makassar menggelar Seminar Kesehatan sebagai peningkatan kualitas desa di Desa Langda Kecamatan Buntu Batu, kabupaten Enrekang, Rabu (19/7/2107).

Kepala Desa Langda  Risal dalam laporannya mengatakan bahwa ” kegiatan ini di danai dana desa yang telah di lakukan dalam bidang kesehatan yakni  pembangunan posyandu dusun pewa, pembangunan wc 12 unit sehingga desa langda ODF serta pemberiaan makanan tambahan pada kegiatan posyandu setiap bulannya” Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang Dr. Marwan Ahmad Ganoko dalam arahannya mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini yang dhadiri seluruh stakeholder Desa Langda.

Ia juga menekankan pentingnya 12 indikator keluarga sehat, setiap keluarga mengikuti program KB, ibu hamil diperiksa oleh tenaga kesehatan, ASI eksklusif, imunisasi lengkap, balita dipantau perkembangan kesehatannya di posyandu, tidak  merokok didalam rumah, jika didalam sebuah keluarga ada yang menderita tekanan darah, tbc, sakit jiwa berat hendaknya segera melaporkan kepada puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan (diobati), minum air bersih, dan hendaknya setiap keluarga mempunyai jamban.

“hendaknya setiap warga desa menjadi peserta bpjs, disamping memberikan pemahaman agar warga desa langda menjadi kampung emas bebas narkoba” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi tentang kanker servix yang dibawakan langsung kabid binkesmas dinkes hadariah, dan juga dilanjutkan sosialisasi tentang BPJS yang dibawakan langsung oleh Ibu Hajrah, dalam kegiatan tersebut hal menarik lahir adalah lahirnya komunitas IPML (Ikatan Pemuda Mahasiswa Langda) dengan tekad kita bangga jadi pemuda tanpa rokok. (*)

Komentar Pembaca