Seminar Nasional Pendidikan, PM Sulsel Hadirkan 300 Guru Se-Enrekang

0
234

Inspiratifnews.com-Enrekang Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PM) Sulawesi Selatan menggelar Seminar Nasional Pendidikan sebagai rangkaian Rapat Koordinasi Wilayah PM Sulsel dengan tema “Peranan Guru Dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan” di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, Sabtu (28/1/2017).

Dalam pemaparannya Prof. Dr. H. Irwan Akib, M. Pd (Wakil Ketua Majelis DIKTI LITBANG PP Muhammadiyah) yang hadir sebagai narasumber menjelaskan bahwa banyaknya fenomena yang terjadi saat ini mulai dari persoalan sosial hingga persoalan politik memerlukan peran aktif dari guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan dalam membangun karatekter anak bangsa.

“Guru sebagai peletak dasar nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan memiliki peran sangat penting dalam membangun karakter anak bangsa khusunya dalam menghadapi berbagai persoalan dan fenomena yang banyak terjadi di masyarakat” Tutur mantan Rektor Unismuh Makassar ini.

Guru Se-Kab. Enrekang Menghadiri Seminar Nasional Pendidikan
Guru Se-Kab. Enrekang Menghadiri Seminar Nasional Pendidikan di Ruang Pola Kantor Bupati Kab. Enrekang

Hal senada juga di ungkapkan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Makassar Erwin Akib, S. Pd., M. Pd., Ph. d mengatakan bahwa sebagai seorang guru selain menjadi seorang tenaga pendidik guru juga harus menjadi teladan bagi para siswa mereka, sebab menurut Erwin jika para siswa sudah menjadikan gurunya sebagai teladan maka akan lebih mudah menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri siswa.

“Guru tidak boleh kalah dengan artis dalam merebut perhatian siswa dan anak-anak, guru harus menjadikan dirinya sebagai idola dan teladan bagi siswanya, hal ini akan bisa merebut pengaruh artis dan dunia luar yang sangat merusak nilai moral anak-anak didik” jelas Erwin.

Selain itu turut juga hadir sebagai pembicara Kepala Dinas Pendidikan Kab. Enrekang serta Tasrif Akib., S. Pd., M. Pd (Wakil Ketua Pendidikan PM Sulsel) sebagai moderator Seminar ini.

Kegiatan seminar yang merupakan kerjasama antara PM Sulsel dan Dinas Pendidikan Kab. Enrekang di hadiri oleh 300 Guru se-Kab. Enrekang. (uc2)

Komentar Pembaca