Siswa SMA Negeri Pinrang Berkompetisi Di AMerika Serikat

0
87

Inspiratifnews.com-Pinrang- Siswa SMA Negeri 11 Unggulan Kabupaten Pinrang,Adis Thesa kelas III IPA dan Nur Mustaria kelas II IPA didaulat mengikuti even Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) yang akan diselenggarakan di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat Mei mendatang.

Kepala SMA Negeri 11 Unggulan HM Ridwan Ali mengaku telah menerima surat pemberitahuan dari  Lembaga Penelitian Pengetahuan Indonesia (LIPI) terkait keikut sertaan siswa sekolah yang dipimpinnya ” Surat itu meminta kami, untuk mempersiapkan kedua siswa ini, untuk mengikuti even yang digelar di Phonix tersebut ” kata Ridwan di ruang kerjanya Kamis 14/1/2016.

Dia mengaku, surat pemberitahuan itu langsung diserahkan kepada guru pembimbing ekstrakurikuler kedua siswa tersebut ” Agar langsung mempersiapkan semua, yang dibutuhkan saat menghadapi even ini “.

Adis Thesa dan Nur Mustaria  lolos  mengikuti even Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) setelah naskah penelitiannya berjudul ” Dilema petani lumbung padi nasional, antara peralihan hak dan pengalihfungsian lahan yang memiskinkan ” berhasil menyisihkan ratusan naskah pada lomba karya Ilmiah tingkat Nasional  yang dilaksanakan oleh  Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).

Wakasek Humas SMA Negeri unggulan Abdul Wahid Nara mengatakan, dari pemilik naskah penelitian yang menempati urutan kedua dan ketiga juga berhak tampil di even itu, namun menggunakan biaya sendiri ke Phonix ” Sementara kedua siswa SMA Negeri Unggulan ini, dibiayai oleh Penyelenggara “.

Pembina Karya Ilmiah Remaja ( KIR) Baharuddin Iskandar mengatakan, langkah awal untuk mempersiapkan kedua siswanya menguikuti even tersebut dengan mematangkan hasil penelitian.

Pihaknya kata Baharuddin, terus berkonsultasi dengan LIPI, dan lembaga itu sudah menunjuk pembina khusus untuk persiapan mengikuti ajang internasional tersebut ” Pembina yang mendampingi siswa kami adalah  peneliti  LIPI  Dr. M.Alie Humaedie, S.Ag. M.Ag. M.Hum “.

Selain menjadi pembimbing kedua siswi ini lanjut dia,Peneliti LIPI itu akan berkunjung ke SMA Negeri unggulan untuk memotivasi guru guru yang ada di Kabupaten Pinrang agar  gemar melakukan penelitian, sehingga akan melahirkan peneliti dari kalangan guru ” Mereka menginginkan lahirnya peneliti peneliti muda dari kalangan guru yang lebih banyak lagi “.

Adis Thessa mengaku naskah penelitian berjudul  Dilema petani lumbung padi nasional, antara peralihan hak dan pengalih fungsian lahan yang memiskinkan, sudah mendekati kesempurnaan dan siap diajuhkan untuk mengikuti even tersebut ” Kami harap doa dan dukungan masyarakat, agar mampu mengharumkan nama Indonesia di kanca internasional “.(ish)

Komentar Pembaca