Siswa TK Lestari diEdukasi Berkendara Aman Sejak Dini

0
54

Inspiratifnews.com – Makassar, Masih dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional, Astra Motor Makassar mengadakan edukasi berkendara aman pada para siswa – siswi Taman Kanak-Kanak (TK) Lestari di Kecamatan Rappocini Makassar hari ini (4/5). Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk komitmen Astra Motor Makassar untuk menyebarkan perilaku aman berkendara di jalan pada masyarakat dari berbagai lapisan usia.

Sejak awal tahun 2017 ini, tim safety riding Astra Motor Makassar telah menyebarkan virus ini ke Sembilan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar, berbeda dari target yang biasa disasar, Kepala Instruktur Safety Riding Astra Motor Makassar, Abdul Kadir, mengatakan edukasi yang diberikan pada siswa – siswi TK Lestari ini telah dimodifikasi materinya sehingga lebih cocok dan mudah dipahami oleh anak – anak yang berusia 4 sampai 6 tahun tersebut.

“Bahasa dan presentasi juga disertai dengan buku bergambar yang bisa diwarnai biar lebih fun  dan seru, memang berbeda dari target sebelumnya kan di SMA dengan usia remaja, nah dengan murid TK kami mulai ajari membedakan rambu, peralatan kelengkapan berkendara, dan mulai memahami bahayanya jalan raya”

Mayoritas kecelakaan di jalan raya memang disebabkan dari kelalaian perilaku pengendara yang kurang menyadari akan bahaya yang diciptakan jika tidak patuh peraturan di jalan raya, pembentukan karakter sejak usia dini untuk disiplin dan taat aturan dirasa  Abdul Kadir sangat penting untuk dilatih. Ia juga yakin melalui dunia pendidikan kampanye perilaku aman berkendara ini akan dapat dengan mudah disebarluaskan.

Kegiatan yang dilakukan Astra Motor Makassar hari ini selain ditujukan untuk para siswa – siswi TK namun juga untuk para orangtua yang mengantar anaknya, adalah Siska salah satu orang tua siswa yang membenarkan ucapan tim safety riding saat mensosialisasikan kemungkinan bahaya yang terjadi di jalan raya untuk anak – anak.

“Benar itu, sekarang anak – anak suka lupa bahayanya jalan raya, masih suka main dipinggir jalan tanpa waspada. Dengan begini kami sebagai orang tua juga jadi lebih waspada menjaga anak, atau malah nanti anak saya yang mengingatkan saya saat naik motor” ujar Siska.

Tim safety riding Astra Motor Makassar menargetkan masih ada lebih dari 10 SMA lagi untuk dikunjungi selama tahun 2017 ini. Lebih lanjut, Abdul Kadir menambahkan targetnya dari tahun lalu untuk menyasar kalangan anak sekolah baik dari TK, SD, SMP dan SMA bahkan sampai 56% dari total target sosialisasinya di SulSelBarTra dan Ambon.

“Sebenarnya kami tidak pernah menargetkan berapa total target pesertanya, karena kalau bicara tentang bahayanya berkendara di jalan tidak akan ada habisnya, tapi kami patok minimal harusnya kami sanggup mengkampanyekan virus ini ke 1400 siswa – siswi di SulSelBarTra Ambon.”(*)

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca