Smartfren Luncurkan Layanan Volte

0
52

Inspiratifnews.com-Tekno Layanan suara berkualitas High Definition (HD) ala Smartfren sebentar lagi dapat dinikmati penggunanya lewat kehadiran Voice over Long Term Evolution (VoLTE). Lalu apa keunggulannya?

Sesuai namanya, VoLTE merupakan layanan voice berbasis LTE/4G melalui IP Multimedia System (IPS) yang memiliki jalur khusus atau dedicated bearrer. Alhasil, layanan suara yang dihasilkan diklaim lebih jernih tanpa noise dibandingkan panggilan suara biasa.

Smartphone Product Development Head Smartfren Ario Junianto mengatakan, dibandingkan dengan layanan panggilan suara biasa, VoLTE memiliki sejumlah keunggulan.

“Pertama, layanan VoLTE jelas memiliki kualitas suara yang sudah high definition (HD). Artinya, suara yang dihasilkannya jernih, dekat, tanpa noise,” tutur Ario saat Media Workshop soal VoLTE kepada wartawan di Restoran Penang Bistro Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Hal itu demikian karena layanan VoLTE berada di frekuensi 20-70.000 Hz yang jauh melebihi frekuensi suara panggilan telepon tradisional yang hanya 30-3000 Hz. Ia menambahkan, dengan jaringan 4G LTE, pesan suara yang terkirim juga lebih cepat.

“Waktu setup VoLTE hanya 1-2 detik dengan kualitas suara HD. Jadi, kalau kita telepon menggunakan layanan VoLTE, langsung nyambung. Sedangkan panggilan tradisional waktu setup-nya 5-12 detik,” kata Ario

Keunggulan VoLTE lainnya, kata Ario, adalah penggunaan data dan telepon dapat berjalan secara bersamaan. Hal ini berbeda dengan layanan panggilan biasa yang secara otomatis menghentikan penggunaan data jika sedang melakukan atau menerima panggilan.

“Jika saya sedang mengunduh sesuatu melalui ponsel saya, kemudian ada panggilan masuk, unduhan tetap berjalan. Kalau yang selama ini unduhannya akan pause dulu saat kita menerima telepon,” ujarnya.

Tidak hanya itu, layanan VoLTE pun memudahkan penggunanya untuk berpindah dari voice call atau panggilan suara ke video call.

Terakhir, tarif layanan VoLTE juga rupanya cukup terjangkau. “Tarifnya berdasarkan tarif panggilan, jadi kuota datanya tidak akan terpakai. Jika kita punya gratis bicara 1.000 menit, itu bisa dipakai untuk layanan ini asalkan operatornya sama,” ujarnya.

Lalu, bagaimana jika lawan bicara yang kita hubungi belum menggunakan layanan VoLTE?

Ario menyebutkan, pengguna yang menelepon lawan bicara tanpa layanan VoLTE, masih bisa merasakan suara dengan kualitas HD. “Sementara, lawan bicara kita akan menerima panggilan biasa, dengan voice seperti biasanya.”

Smartfren sendiri secara resmi akan meluncurkan VoLTE pada Jumat, 19 Februari 2016. Untuk mendukung penggunan VoLTE, Smartfren juga meluncurkan dua handset pada saat yang sama, yakni Andromax R2 dan E2 yang harganya disebut-sebut cukup terjangkau.

Sumber : Tekno Liputan6.com

Komentar Pembaca