STIE Nobel Helat Tes Psikologi di SMA 1 Sungguminasa

0
152

Inspiratifnews.com-Makasar Pelajar kelas XII SMA 1 Sungguminasa memperoleh pengalaman baru dari tim promosi STIE Nobel Indonesia. Untuk pertama kalinya mereka menyelesaikan soal-soal tes psikologi yang dibawa oleh tim promosi STIE Nobel Indonesia. Tes psikologi yang digelar di ruang kelas sekolah, Kamis, (17/2/2016) ini mengikutkan 520 siswa kelas XII.

STIE Nobel Indonesia dalam gelaran ini menggandeng Lembaga Konsultan Psikologi Nobel Indonesia Institute (NII) yang dipimpin oleh Direktur Utama Mutiarini Mubyl, CGA., M.Psi., Psikolog. STIE Nobel sengaja mengadakan kegiatan ini untuk membuat para siswa memahami potensi diri apalagi mereka nantinya akan menghadapi ujian nasional.

Hasil dari tes psikologi ini nantinya juga sangat berguna bagi siswa XII setelah lulus dari sekolahnya sebagai bahan panduan untuk memilih jurusan kelak. Selain itu pada tes ini juga para siswa akan mengetahui skor IQ yang dimiliki.

Suasana Tes Psikologi di SMA 1 Sungguminasa
Siswa SMA 1 Sungguminasa tampak sedang serius menyelesaikan soal Psikologi

Tim promosi STIE Nobel yang bertandang ke sekolah yang dikenal dengan nama SMA Salis ini, terdiri dari 14 orang mahasiswa bersama dengan tim dari Nobel Indonesia Institute.

Proses tes psikologi digelar dengan membagi siswa kelas XII dalam 11 ruang kelas, dengan rincian 8 kelas untuk siswa IPA dan 3 kelas untuk IPS yang masing-masing kelas didampingi 1 orang instruktur mahasiswa yang telah terlatih. Para siswa mengerjakan 2 jenis materi soal yakni materi psikologi dan materi tes IQ. Peserta tes diwajibkan menyelesaikan jawaban semua soal dalam waktu 1 jam.

Suasana ujian terlihat sangat berbeda dengan model ujian lazim pada umumnya yang tampak hening dan menegangkan. Para peserta diperbolehkan untuk bertanya kepada instruktur, sesekali pula instruktur mengisi suasana ujian dengan candaan.

“Soal-soalnya beda sekali dengan soal ujian di sekolah. Banyak gambarnya terus ada juga soal kayak cari jalan keluar kalau ada masalah”. Ungkap Yuli, siswa kelas XII.

Hasil tes psikologi ini akan diberikan kepada peserta tes yang bersangkutan pada hari jumat 19 Februari 2016. Siswa yang mengikuti tes akan mendapatkan sertifikat dari Nobel Indonesia Institute.
STIE Nobel Indonesia memberikan peran penuh kepada mahasiswa untuk mensosialisasikan kampus, sekaligus sebagai bukti bahwa mahasiswa STIE Nobel memiliki kecakapan dalam promosi. (uc2)

Komentar Pembaca