STIE Nobel Sosialisasi Program IbW di Kecamatan Rappocini

0
83

Inspiratifnews.com – Makassar, Kelurahan Karunrung dan Kelurahan Ballaparang Kecamatan Rappocini Kota Makassar kini mulai kembali memaksimalkan program kewirausahaan setelah memperoleh pendampingan dari STIE Nobel Indonesia.

Membawa lembaga internal pusat penelitian dan pengabdian masyarakat STIE Nobel bersama dua kelurahan tersebut terjalinlah program kerja sama pengembangan kewirausahaan bagi warga setempat, rabu 3 agustus 2016.

Ditandai dengan diadakannya sosialisasi program Iptek bagi Wilayah (IbW) pada 20 Juli lalu di ruang rapat Kantor Camat Rappocini kepada jajaran Kecamatan Rappocini serta jajaran kelurahan Karunrung dan Ballaparang. Program yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Sabhan Echdar, SE.,M.Si akan dijalankan selama tiga tahun.

Program IbW merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang pendanaannya menjadi kewajiban penuh lembaga negara tersebut. Program ini merupakan program pengabdian masyarakat. STIE Nobel sendiri menjalankan program ini dengan fokus pada pengembangan kewirausahaan warga terutama penghuni lorong di dua kelurahan di Rappocini.

Beberapa pelatihan hingga saat ini telah dijalankan diantaranya pelatihan dan bimbingan teknis daur ulang limbah pada 25-26 juli 2016 lalu serta pelatihan dan bimbingan teknis kewirausahaan lorong pada 26-27 juli 2016 lalu. Kedua pelatihan yang telah digelar dibuka langsung oleh Dr. Hamri Haiyya AP, S.Sos, SH., M.Si selaku Camat Rappocini.

“Program ini sangat berguna bagi masyarakat, terkhusus bagi warga di Ballaparang dan Karunrung sudah punya pengetahuan tentang pengolahan limbah dan pengembangan usaha”. Ungkap Sabhan Echdar yang juga ketua Program Studi Manajemen Magister STIE Nobel.

Program ini akan terus berjalan dan dievaluasi secara berkala. Kini ratusan warga yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga dari dua kelurahan tersebut telah terlibat pada program ini. Diharapkan dari program ini kesadaran peserta meningkat terutama pengolahan limbah dan pegembangan usaha lorong guna menciptakan lapangan kerja, tutup Sabhan. (*)

Komentar Pembaca