Subhanallah, Gereja Palestina Dengungkan Suara Adzan

0
121

Inspiratifnews.com – Jerusalem, Sebuah gereja di Palestina telah menaikkan azan (panggilan Muslim untuk berdoa) dalam upaya untuk memprotes RUU kontroversial yang bisa melarang masjid menggunakan pengeras suara untuk menyampaikan azan (Azan) di Yerusalem Timur.

Menurut rincian, sebuah gereja Kristen di kota Nazaret membuat keputusan belum pernah terjadi sebelumnya pada hari Senin 21 November lalu untuk mengirimkan panggilan Islam untuk doa bergerak dari dalam dinding, seruan azan mereka sendiri secara luas disambut oleh warga Muslim di kota.

Suara Azan didengungkan di bawah bendera protes bernama “menara akan pernah dibungkam” di mana ratusan Muslim, Kristen dan Samaria Yahudi mengangkat azan mengirim pesan yang jelas kepada Israel yang siap untuk melarang azan di Yerusalem Timur.

Uskup Gereja Katolik di Nablus Yousef Sa’ada mengutuk upaya Israel untuk membungkam athan, mencatat ini adalah “tanda [Israel] pendudukan kebangkrutan etika, moral dan politik.”

Langkah itu muncul beberapa hari setelah seorang anggota Arab mengangkat azan di parlemen Israel untuk alasan yang sama untuk memprotes RUU konon melarang azan.

RUU kontroversial yang telah mendapat dukungan dari PM Israel telah membuka perdebatan baru di negara dengan banyak warga Palestina dengan alasan bahwa hal itu akan melanggar kebebasan beragama warga negara.

Pada hari Sabtu, Komite Menteri Israel untuk Legislasi menyetujui RUU anti-Adhan sebelum pergi ke Knesset, di mana ia kemudian harus melewati tiga putaran pemungutan suara sebelum menjadi hukum.

Sebelumnya, juru bicara kepresidenan Palestina Nabil Abu Rudeineh memperingatkan bahwa RUU itu akan meningkatkan konflik di wilayah tersebut.

Menyusul kritik luas, Israel dilaporkan merenungkan memblokir RUU anti-azan karena takut lebih protes dan menyerukan larangan Siren Israel yang mengumumkan Shabbat (pada hari Sabtu, 19 November lalu) pada standar yang sama. (*)

Sumber : https://en.dailypakistan.com.pk/

Komentar Pembaca