Survei CRC : Kinerja SYL 79 %

0
57

Inspiratifnews.com – Makassar, Salah satu kewajiban utama pemerintah adalah membuat kebijakan, melaksanakan program dan menyelenggarakan pelayanan publik yang baik, bermutu dan beroroentasi pada pemenuhan hak – hak publik.

Dalam perspektif ini, publik tidak lagi menjadi objek semata, lebih dari itu mereka adalah “end user” dari produk kebijakan yang dibuat dan ditetapkan pemerintah, karenanya perlu mengetahui respon dan mendapatkan umpan balik dari publik atas kebijakan, program dan penyelenggaraan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah.

Salah satu lembaga survei terkemuka di Sulawesi Selatan bernama Celebes Research Center (CRC), telah melakukan survei mengenai persepsi publik terhadap kinerja 3 tahun pemerintahan Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang (Sayang) Jilid II, guna mengetahui tingkat kepuasaan publik atas kinerja pemerintahan Sayang.

Pendiri CRC Herman Haizer katakan, metode survei yang digunakan CRC adalah masyarakat Sulawesi Selatan yang telah berusia 17 tahun keatas, dengan jumlah responden 800, margin eror +/- 3,4 % pada selang kepercayaan 95%, sampel berasal dari sebanyak 24 kabupaten/kota di sulawesi selatan, dimulai 7 – 21 maret, ujarnya.

IMG_20160407_154952
Foto : Grafik Penilaian kinerja Pemerintah Sayang oleh CRC

Hal yang menarik, kinerja KKN di pemerintahan Sayang, responden menilai cukup bersih 30,6 % dan kurang bersih 32,0%. kasus bansos tidak berpengaruh pada elektabilitas pemerintahan Sayang terlebih penghargaan WTP yang diraih dari BPK RI selama 5 tahun berturut – turut sangar berpengaruh pada penilaian masyarakat.

Foto : Grafik Kepuasan Kinerja SYL berdasar demografi (dok : CRC)
Foto : Grafik Kepuasan Kinerja SYL berdasar demografi (dok : CRC)

Sementara itu, kepuasan terhadap kinerja pemerintah Sayang pada 3 tahun terakhir, responden menilai SYL 79,8 % dan AAN 63,8 %, Menurut Pengamat Kebijakan Publik Amir Imbaruddin bahwa trend positif kinerja SYL didasari oleh adanya akses dan ruang – ruang seremoni mempengaruhi penilaian responden terhadap SYL – AAN, papar amir imbaruddin saat press confrence di hotel sahid, kamis (7/4).

Foto : Grafik Kepuasaan Kinerja AAN sesuai demografi (dok : CRC)
Foto : Grafik Kepuasaan Kinerja AAN sesuai demografi (dok : CRC)

Kata Imbar, hal ini sangat berimbang, bila tinjauan kinerja SYL menurut demografi rata – rata memberikan penilaian 80% keatas, bahkan Kota Parepare seluluh responden dikota ini menyatakan 100 % puas dengan kinerja SYL ditunjang dengan kinerja penilaian AAN mencapai 85 %, lebih lanjut Imbar menuturkan, masyarakat makin mudah akses informasi sehingga kepuasan terhadap kinerja SYL – AAN dapat dilihat pencapaian, pungkasnya. (ish).

Komentar Pembaca