Tahun 2017, Pertumbuhan Ekonomi Sulsel diperkirakan Meningkat

0
231

Inspiratifnews.com – Makassar, Sebagai upaya memberikan sumbangan pemikiran bagi pembangunan Sulawesi Selatan kedepan, Bank Indonesia menginisiasi Seminar Ekonomi diawal tahun 2017, diikuti oleh para pemangku kepentingan di Sulsel. Baik pemerintah, Anggota DPRD, Perbankan, dan Pelaku Usaha, Akademisi, dan Media Massa di Hotel Grand Clarion, Selasa 7 Maret.

Kegiatan Seminar Ekonomi Bank Indonesia bertajuk “Desiminasi Kajian Ekonomi Regional” dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

“Tujuan kegiatan ini, menyampaikan evaluasi kinerja ekonomi dan keuangan Sulsel 2016, serta pandangan Bank Indonesia mengenai perkembangan ekonomi Nasional selama tahun 2016 dan prospek di tahun 2017 – 2018”, ungkap Wiwiek Sisto Hidayat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel.

Dengan mempertimbangan indikator ekonomi domestik dan global, pertumbuhan ekonomi sulsel untuk keseluruhan tahun 2017 diperkirakan akan kembali meningkat dalam kisaran 7,5 % – 7,9 % (yoy), diperkiraan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Sulsel pada tahun 2017.

Wiwiek Sisto Hidayat, berasumsi peningkatan pertumbuhan ekonomi sulsel dibarengi peningkatan harga komoditas andalan ekspor Sulsel, diikuti oleh beroperasinya industri nikel yang lebih optimal, perbaikan pendapatan/pengeluaran pemerintah, dan pembangunan infrastruktur seperti jalan poros lingkar luar, bendungan, jalan dan jembatan dan lain – lain, ungkap Wiwiek.

Wiwiek menambahkan, untuk mendongkrak ekspor luar negeri pemerintah daerah perlu mencari pasar alternatif untuk tujuan ekspor, meningkatkan produksi bahan baku industri pangan, dan meningkatkan manajemen infrastruktur perhubungan laut, pungkasnya. (*)

Komentar Pembaca