Tarian Pakkarena diPuncak Peringatan Tari Sedunia

0
123

Inspiratifnews.com – Makassar – Tepat tanggal 29 April seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Tari Sedunia atau World Dance Day.

Hari Tari Sedunia atau World Dance Day mulai diperkenalkan pada masyarakat dunia oleh Badan Dunia PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) sejak tahun 1982.

Menurut sejarah, Hari Tari Sedunia ini ditetapkan sebagai bentuk penghormatan kepada Jean Georges Noverre. Jean Georges merupakan seorang pencipta tari balet modern berkebangsaan Perancis.

Jean Georges Noverre lahir pada 29 April 1727 dan wafat pada tanggal 19 Oktober 1810.

Di Indonesia sendiri, masyarakat sangat antusias menyambut Hari Tari Sedunia meski tak seheboh Hari Kasih Sayang atau Hari Bumi. Hal ini terlihat dari banyaknya ucapan selamat Hari Tari Sedunia di Twitter.

Bahkan kota Makassar menyambut Hari Tari Sedunia dengan mengadakan Makassar 12 Jam Menari. Tarian penuh selama 12 jam ini kabarnya akan berlangsung di Atrium Trans Studio Mall Makassar, Jumat (29/4).

Peringatan Tari Sedunia kali ini, para koreografer dari sulawesi selatan dan barat mempersembahkan tarian kreasi, tari kontemporer dan tari 4 etnis, pihak penyelenggara Fakultas Seni dan Sastra UNM bekerjasama Trans Studio Mall menghadirkan seniman makassar yang telah melanglang buana pada event – event international.

Penonton yang hadir pun terhibur oleh para penari dari beberapa sanggar tari, seperti tari pakarena, tari toraja, tari 4 etnis, dan tari alewaku, khusus tarian pakkarena yang memiliki tingkat kesulitan dalam perpindahan gerak, sebab gerak yang lembut perlu mengatur nafas dengan baik saat melakukan perpindahan gerak. Tarian Pakkarena ternyata mampu memukau dihadapan penonton trans studio mall makassar. (ish)

Komentar Pembaca