Terbukti Monopoli, Angkasa Pura logistics di Denda 6,5 Milyar

0
38

Inspiratifnews.com – Jakarta, Menindaklanjuti sidang kasus dugaan praktik monopoli yang dilakukan PT Angkasa Pura Logistik di terminal Kargo Sultan Hasanuddin Makassar, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) memutuskan perkara dugaan praktik monopoli, rabu (14/6), setelah menjalani 4 kali proses persidangan yang menghadirkan kedua belah pihak antara penggugat Asperindo dan terduga Angkasa Pura Logistic.

Assosiasi Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo) menggugat, PT Angkasa Pura Logistik sebab diduga telah melakukan pelanggaran pasal 17 ayat 1 dan 2 UU No.5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Sementara pimpinan sidang komisoner KPPU, Sukarni pada 15/6/2016 lalu menjelaskan bahwa sanksi yang bisa dijatuhkan bila Angkasa Pura logistik terbukti melakukan pelanggaran pasal 17 ayat 1 dan 2 tersebut bisa diminta menghentikan usahannya dan didenda maksimal dua miliar rupiah dan minimal satu miliar rupiah, serta sidang pun diskorsing sampai batas waktu penyelidikan KPPU selesai.

loading...

Sehingga pada hari ini, rabu (15/6) telah melakukan putusan dari perkara tersebut, melalui siaran pers yang diterima inspiratifnews.com sebagaimana amar putusan KPPU menjelaskan bahwa Majelis Komisi merekomendasikan kepada:

1. Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan evaluasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 153 Tahun 2015 yang tidak sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2009 terkait dengan proses penentuan tarif.

2. Kementerian Perhubungan RI untuk memberikan sanksi kepada PT Angkasa Pura (Persero) yang secara sengaja melimpahkan kewenangan pengelolaan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar kepada PT Angkasa Pura Logistik, karena telah melanggar Pasal 233 ayat (3) UU Nomor 1 Tahun 2009.

3.Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, bersama dengan Otoritas Bandar Udara untuk membuat aturan atau regulasi yang jelas serta pengawasan yang lebih efektif mengenai penyelenggaraan Regulated Agent di Bandar Udara seluruh Indonesia, untuk lebih menjamin keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan, dengan memperhatikan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat.

Serta, Menimbang bahwa berdasarkan fakta-fakta, penilaian, analisa dan kesimpulan yang telah diuraikan diatas, maka Majelis Komisi :

MEMUTUSKAN

1. Menyatakan bahwa Terlapor, terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 17 ayat (1) dan (2) Undang Undang Nomor 5 Tahun 1999.

2. Menghukum PTAngkasa Pura Logistik selakuTerlapor, membayar denda sebesar Rp. 6.551.558.600,00 (Enam Milyar Lima Ratus Lima Puluh Satu Juta Lima Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Enam Ratus Rupiah) yang harus disetor ke Kas Negara sebagai setoran pendapatan denda pelanggaran dibidang persaingan usaha Satuan Kerja Komisi Pengawas Persaingan Usaha melalui bank Pemerintah dengan kode penerimaan 423755 (Pendapatan Denda Pelanggaran diBidang Persaingan Usaha).

3. Memerintahkan Terlapor Iuntuk melaporkan dan menyerahkan salinan bukti pembayaran denda tersebut ke KPPU.

Jakarta,14 Juni 2017.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha RI

Komentar Pembaca