Ternyata Beda Puasa di Eropa dan Indonesia, Begini Perbedaannya !!

0
142

Inspiratifnews.com – Makassar, Puasa itu merupakan kewajiban yang harus dijalankan semua Muslim di seluruh dunia, salah satunya Di Indonesia, kita menjalankan puasa dengan keadaan yang cenderung tidak sulit dikarenakan cuaca yang bisa ditebak dan jam puasa yang cukup ideal yaitu kurang lebih 11 jam.

Namun, Puasa di Eropa ternyata memang benar – benar menantang, sebab Eropa adalah wilayah dimana mataharinya tidak benar-benar terbenam. Tentu saja, semakin lama matahari tak kunjung terbenam, semakin lama juga puasa yang harus mereka lakukan per harinya.

Bahkan, Negara Eropa di wilayah seperti Finlandia Utara, matahari hanya terbenam sekitar 55 menit, Keluarga muslim di sana mengatakan bahwa puasa dimulai dari jam 1:35 hingga 00:48, sehingga muslim disana berpuasa hampir 23 jam.

1200x630-231290-fasting-for-longer-the-challenge-o-71cbef37b12f179072201f1da2ac255d_420x280
Foto : idntimes.com

Namun, untuk di daerah sekitar United Kingdom, mereka menjalankan puasa cukup dengan 16 jam, jauh lebih cepat daripada di Finlandia Utara. Meski berpuasa lebih lama dari Indonesia, Muslim di Eropa masih menjalankan ibadah puasanya dengan baik.

Lain halnya, Muslim di Amerika menyatakan bahwa puasa di negaranya biasanya bertepatan dengan musim panas. Saat musim panas, matahari terbit lebih cepat dan terbenam lebih lambat. Sehingga puasa di Amerika Serikat menjadi lebih lama dalam perhitungan jam bisa sampai 17 jam.

Waktu shalat Maghrib di sana kira-kira berkumandang pukul 9 malam dan waktu shalat isya jam 11 malam waktu setempat, sehingga tidak sedikit dari mereka sudah cukup mengantuk untuk melaksanakan tarawih. Makanya, Muslim di Indonesia sungguh beruntung berada di lintasan khatulistiwa, hingga berpuasa lebih singkat dari benua eropa dan amerika.(*)

Komentar Pembaca