TIM Robotica Unismuh Siapkan 2 Unit Robot Untuk Ikuti KRI Di Bandung

0
90

Inspiratifnews.com-Makassar Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti telah selesai melakukan seleksi tahap pertama. Dari pengumuman yang telah dirilis oleh Kemenristekdikti ada 366 tim dari berbagai kampus yang ada di Indonesia yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Salah satunya adalah TIM Robotika Unismuh Makassar.

TIM Robotika Unismuh Makasssar berhasil meloloskan 2 TIM untuk 2 kategori dari 5 kategori yang diperlombakan. Yaitu Kontes Robot Pemadaman Api Indonesia (KRPAI)  Beroda dan Kontes Robot Abu Robocon Indonesia (KRAI).

Robot KRPAI HME FT Unismuh
Robot KRPAI HME FT Unismuh Makassar

Menurut Ketua TIM Robotica Unismuh Muhammad Adzan Furqan bahwa ada 2 tahap seleksi untuk bisa lolos mengikuti kontes ini, tahap pertama sudah kami lalui dengan mengirim proposal kepada panitia dan sekarang lagi persiapan untuk mengikuti seleksi tahap ke II yaitu dengan mengirimkan perkembangan robot melaui video “sekarang lagi proses perakitan robot untuk persiapan seleksi tahap II, untuk Robot Pemadaman Api (KRPAI) sementara dilakukan penginputan program dan untuk Robot Abu Robocon (KRAI) sudah sampai tahap pembautan” ungkap Adzan saat dimintai keterangan oleh Inspiratifnews.com, Jum’at (05/02/2016)

Kontes Robot ini merupakan program tahunan yang di selenggarakan oleh Kemenristekdikti, untuk tingkat Regional rencananya akan berlangsung di beberapa kota diantaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Lampung dan Jember. Tiga pemenang di tingkat regional akan mendapatkan biaya untuk mengikuti pertandingan KRI tingkat nasional yang akan berlangsung pada tanggal 1-4 Juni 2016 di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Tim Robotica Unismuh sendiri masuk di regional II, mereka akan beradu kehebatan dengan TIM Robotika dari ITB, UI dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Rencananya perlombaan ini akan berlangsung 28-30 April 2016 di Kota Bandung.

Robot KRAI HME FT Unismuh Makassar
Robot KRAI HME FT Unismuh Makassar

“insya Allah kami tetap optimis untuk bisa lolos ke tahap ke II, sekarang kami lagi membuat miniatur mobil dan motor dari komponen elektronika bekas untuk penggalangan dana ke pimpinan” tutur adzan.

Adzan berharap ada dukungan maksimal dari pimpinan tingkat Universitas Muhammadiyah Makassar maupun tingkat Fakultas Teknik, baik dalam bentuk moril maupun materil. Agar dapat memaksimalkan kinerja teman-teman TIM untuk mengharumkan nama almamater Unismuh Makassar di tingkat nasional. (Uc2)

Komentar Pembaca