Ting Ting, Ini 9 Butir Rekomendasi Rakorwil III YJI Makassar

0
108

Inspiratifnews.com – Makassar, Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) III Yayasan Jantung Indonesia, di Hotel Grand Clarion, Makassar, 13-15 Oktober 2016, berhasil menelurkan sembilan butir rekomendasi untuk diteruskan kepada pemerintah dan kepada pengurus YJI Pusat.

Rekomendasi yang dibacakan sebelum acara penutupan oleh Ketua Panitia Pengarah, Dr Djainal Abidin, didampingi Sekretaris Dra Rani Toersilaningsih, antara lain berisi peningkatan sumber dana bekerjasama pihak pemerintah, swasta, dan sumber lain yang tidak mengikat.

“Butir kedua, perluasan kerjasama kemitraan untuk peningkatan kinerja YJI. Butir ketiga, membangun dan meningkatkan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga,” papar Djainal.

Butir rekomendasi lainnya yaitu peningkatan kualitas SDM YJI melalui pelatihan relawan sebagai penyuluh spontan, serta mendorong adanya payung hukum bagi YJI sejajar dengan organisasi lainnya dalam tata kelola pemerintahan, agar YJI dapat memperoleh sumber dana dari pemerintah.

“YJI juga akan mengikutsertakan relawan dalam program Poswindu terkait dengan penyuluhan kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta penyesuaian organisasi YJI ke arah profesionalisme, khususnya terkait kesekretariatan dengan menggunakan teknologi informasi,” tutur Djainal.

Sempurna Sekali

Ketua Umum YJI Pusat Syahlina Zuhal, pada acara penutupan Rakorwil III YJI, Sabtu, 15 Oktober 2016, menilai pelaksanaan Rakorwil III sangat sukses dan sempurna, baik dari segi pelaksanaan maupun hasil yang ditelurkan.

“Sempurna sekali. Saya sangat terharu,” katanya dengan suara terbata-bata di hadapan puluhan peserta dari sembilan provinsi se-kawasan timur Indonesia.

Perwakilan peserta dari sembilan provinsi juga mengaku sangat terkesan dengan sambutan tuan rumah YJI Cabang Utama Sulsel, yang diawali dengan Malam Ramah di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Kamis malam, 13 Oktober 2016, yang diisi dengan tari-tarian tradisional, atraksi tari “pepe-pepeka ri makka”, serta lagu dan tari poco-poco.

Ke-9 provinsi (YJI Cabang Utama) yang mengikuti Rakorwil III yang dibuka oleh Gubernur Sulsel diwakili Asisten IV Setda Sulsel, Ruslan Abu, di Hotel Grand Clarion, Kamis pagi, 14 Oktober 2016, yaitu YJI Sulawesi Selatan, YJI Sulawesi Tengah, YJI Sulawesi Tenggara, YJI Sulawesi Utara, YJI Nusa Tenggara Barat, YJI Nusa Tenggara Timur, YJI Maluku, YJI Papua, dan YJI Papua Barat.

“Kami menyampaikan terima kasih kalau pengurus YJI Pusat, pengurus YJI Cabang Utama, dan pengurus YJI Cabang, menganggap Rakorwil III YJI di Makassar ini sukses dan berkesan. Kami memang berupaya melakukan yang terbaik demi suksesnya kegiatan ini,” ujar Ketua YJI Cabang Utama Sulsel, Dr Majdah Agus Arifin Nu’mang, yang didampingi Sherly Farouk Beta (Penanggungjawab Panitia Lokal) dan Asnawin Aminuddin (Humas Panitia), kepada wartawan.

Pada acara penutupan, dua pengurus YJI Sulsel memperoleh penghargaan dari YJI Pusat, yakni Deli Djafar (Sekretaris) yang mendapat Tanda Penghargaan Satya Karya Utama, dan Dra Mesra Kadir (Wakil Sekretaris) yang memperoleh Lencana Tanda Jasa Krida Nirmala.

Acara penutupan Rakorwil III YJI juga ditandai dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama pengurus YJI Pusat, panitia, dan peserta Rakorwil. (*)

Komentar Pembaca