Tingkatkan Budaya Baca Sulsel Deklarasi Provinsi Literasi

0
73

Inspiratifnews.com – Makassar, Menyadari pentingnya budaya baca anak usia sekolah, Provinsi Sulawesi Selatan memandang perlu untuk mengalakkan budaya literasi di daerah ini untuk kepentingan regenerasi di masa datang, agar provinsi ini lebih maju di bidang pendidikan.

Melalui program Literasi USAID PRIORITAS dan Pemerintah Provinsi Sulsel, ternyata menunjukkan hasil yang lebih baik. berbagi prestasi dan kemajuan di bidang pendidikan telah ditorehkan, seperti sekolah percontohan budaya baca yang tersebar di 24 kab/kota, serta siswi dan guru berprestasi ditingkat national.

Sidrap dan Maros, adalah dua daerah yang punya andil besar meningkatkan minat budaya baca, sehingga pada tanggal 30 mei 2017. Gubernur Sulawesi Selatan melaksanakan Deklarasi “Sulsel Provinsi Literasi”, yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan, Sukri Mattinetta.

“Kami juga akan menjadikan 24 sekolah mitra USAID PRIORITAS tersebut untuk mengembangkan sekolah model lainnya di Sulawesi Selatan dan memanfaatkan seluruh fasilitator yang telah dilatih oleh USAID PRIORITAS  untuk pengembangan pendidikan di daerah ini, bahkan Maros dan Sidrap telah menganggarkan pengembangan budaya baca yang telah diterapkan USAID PRIORITAS”, Tukas Mustajieb selaku Provincial Communication Specialist – South Sulawesi USAID PRIORITAS.

Selain deklarasi, juga diadakan talkshow serta testimoni budaya baca oleh siswi SD Allekuang Kabupaten Sidrap, yang memiliki prestasi tingkat national dengan kemampuan menghatam 107 buku bacaan selama 5 bulan.

Diakhir bulan Mei ini, USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan secara resmi telah ditutup untuk Sulawesi Selatan. Acara penutupan provinsi Sulsel akan dilakukan tanggal 30 Mei di ruang pola Gubernur.”Semua modul, video pelatihan, cerita sukses penerapan modul masih bisa didownload dan diakses lewat web www.prioritaspendidikan.org,” ujar Mustajib, Communication Specialist  USAID PRIORITAS. (*)

Komentar Pembaca