Tips Unik Berbicara Dengan Anak-Anak

0
34

Inspiratifnews.com-Lifestyle, Bagi sebagian orang dewasa, terkadang rasanya sulit berkomunikasi dengan anak-anak.

Dilansir dari Theguardian Ahad (31/1), berikut beberapa tips bagi orang dewasa agar bisa nyaman berkomunikasi dengan mereka.

Anggap mereka teman
Jangan menganggap anak-anak sebagai lawan bicara yang posisinya lebih rendah dari kita. Seorang anak berusia enam tahun tetap menganggap kesopanan dan keramahan adalah dua hal penting saat mengobrol.

Jangan mencoba terlalu keras
Kenyataannya, anak-anak memang kerap memiliki dunianya sendiri. Terkadang mereka sibuk bermain atau memperhatikan kucing dan tak bisa diganggu.

Menari bersama
Menari bersama bisa menjadi bahasa universal yang ekspresif. Anak kecil dan balita akan sangat menikmati saat Anda mengajak mereka menari dalam irama.

Jangan mengajukan pertanyaan konyol
Atau, lebih tepatnya, jangan mengajukan pertanyaan samar. Bagi anak yang berusia lebih kecil, bertanya “Apa yang kamu lakukan di sekolah hari ini?” agak kurang tepat. Satu hari di sekolah seolah keabadian ketika Anda berusia sembilan tahun. Pada dasarnya, itu sama seperti meminta orang dewasa memberi tahu apa yang mereka lakukan pada tahun 2014. Pertanyaan opsional membuat segalanya lebih mudah: “Apakah kamu lebih suka bermain A atau B, pelajaran A atau B?” dan seterusnya.

Berimajinasilah
Bicarakan tokoh film animasi dan tokoh kartun dengan mereka. Menciptakan tokoh khayalan sendiri bersama mereka juga akan membantu. Selain itu, selera humor juga akan membuat Anda mudah berkomunikasi dengan anak-anak dan berbagi banyak tawa.

Semoga bisa menjadi referensi baru dalam membangun komunikasi yang baik terhadap anak-anak. (ish)

Komentar Pembaca