Tol Laut Rute Makassar – Ternate Resmi Beroperasi

0
326

Inspiratifnews.com – Makassar – Tayek T-5 merupakan salah satu program tol laut Pemerintahan Jokowi-JK, yang difokuskan pada rute pelayaran Makasar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang-Ternate yang dilayani KM. Caraka Jaya Niaga 3-32  telah resmi dioprasikan dengan jadwal 2 kali dalam sebulan.

“Semuanya ada 6 Trayek Kapal Tol Laut yang ditetapkan pemerintah, dan PT Pelni ditunjuk sebagai untuk menyelenggarakan angkutan laut bersubsidi ini,” ungkap General Manajer PT Pelni Cabang Makassar, Bachtiar Rahim, diacara peluncuran perdana trayek 5 di Pelabuhan Makassar. Kamis (12/5/16).

Kata dia, penugasan pemerintah melalui Perpres 106/2015 kepada PT. Pelni untuk memperlancar distribusi barang. Sehingga dapat membantu  upaya pemerintah mengurangi disparitas harga antar wilayah Barat dan Timur.

Kapal dengan bobot 3.257 GT dan panjang 99 meter dengan kapasitas 100 kontainer ini untuk pelayaran perdana memuat 21 kontainer beras 35 kontainer semen, dan 5 kontainer terigu. “Jika dirinci, ada 46 unit kontainer tujuan tahuna, 3 unit tujuan lero dan 20 unit tujuan ternate,” sebut Bachtiar.

Untuk mempermudah bongkar muat di pelabuhan yang belum punya akses infrastruktur memadai pihak Pelni juga menyediakan berupa alat bongkar muat dan mobil tronton. Untuk kemudahan bongkar muat di pelabuhan tujuan yang belum memiliki alat bongkar, kami juga memuat 2 unit froklip dan 1unit mobil tronton,” ungkapnya.

Bachtiar optimis dengan adanya program tol laut tersebut maka bisa mendongkrak ekonomi Sulsel sebesar 15%.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dalam amanat tertulisnya berharap dengan adanya program tol laut ini dapat mendongrak laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur dan di Indonesia pada umumnya.

“Tol Laut merupakan aplikasi program Nawa Cita Presiden Jokowi- JK, yang manfaatnya akan memberikan kelancaran bahan pokok untuk masyarakat sulsel dan wilayah timur lainnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian rakyat,” katanya.(*)

Komentar Pembaca