Tolak Perda LAD, Masyarakat Kultur Gowa Datangi Gubernuran

0
89

Inspiratifnews.com – Makassar, Ratusan massa mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Kultur Gowa, Kamis (15/9/2016) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Sulsel. Mereka menolak Perda Lembaga Adat Daerah (LAD) di Kabupaten Gowa.

Koordinator Aksi, Kurniawan mengatakan, perda tentang LAD dinilai sebuah pelanggaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa karena mengangkat Bupati Gowa sebagai raja. Untuk itu dia meminta Medagri untuk mencabut perda tersebut.

“Kami meminta Mendagri untuk mencabut Perda tentang LAD tersebut,” tegas Kurniawan.

Selain meminta Mendagri mencabut Perda LAD, massa juga meminta kepada Kepala Biro Hukum Pemprov Sulsel untuk mengkaji kembali LAD. Pasalnya, pembentukan LAD tersebut dinilai cacat hukum.

“Kami juga meminta Kapolda Sulsel untuk segera mengusut tuntas pelaku perusakan cagar budaya yang ada di Istana Balla Lompoa,” tandasnya.

Sebelum melakukan aksi di Kantor Gubernur Sulsel, massa sebelumnya melakukan orasi depan kantor tersebut. Massa yang terdiri dari gabungan mahasiswa dan masyarakat Gowa, juga sempat melakukan aksinya di bawah fly over.(*)

Komentar Pembaca