Toleransi Beragama, Jemaat Gereja Toraja Gelar Buka Puasa

0
74

Inspiratifnews.com – Makassar, Memasuki 10 Ramadhan terakhir organisasi NGO asal Republik Korea yakni Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (HWPL) bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan membuat dialog antar umat beragama dalam rangka misi perdamaian dunia, sabtu (25/6/2016).

Dialog kali ini mengangkat tema tentang kematian, adanya kelahiran, serta asal usul adanya penyakit. salah satu peserta dialog perdamaian dunia, Itto ungkapkan toleransi umat beragama yang selama ini terjalin dengan baik, oleh karena adanya dialog dan kesepahaman mengenai perbedaan cara pandang konsep KETUHANAN, sehingga guna mencapai ketentraman dan kedamaian diperlukan dialog.

Kerjasama HWPL dan FKUB Sulsel telah terjalin baik beberapa tahun terakhir, seperti Buka Puasa Bersama guna menghormati umat muslim yang tengah menunaikan ibadah puasa, setelah dialog HWPL berakhir.

Uniknya, Buka Puasa ini berlangsung di Gereja Toraja Jemaat Bawakaraeng
Jalan Gunung Bawakaraeng no. 31
Makassar, tempat diselenggarakannya dialog HWPL ini, yang kini memasuki pertemuan kelima.

Nampak, suasana kerukunan dan keakraban para pemateri dan peserta dialog, Menurut Youngris, setelah melakukan dialog dibeberapa tempat ibadah sesuai jadwal HWPL, kini gereja toraja berkesempatan melakukan dialog yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan, jalinan toleransi diantara pemuka agama yang hadir begitu harmonis sehingga suasana buka puasa pun luput didokumentasikan, paparnya.

Diketahui, pada dialog perdamaian dunia ke 5 diikuti oleh tokoh – tokoh agama dan cendikiawan diantaranya Hindu, Budha, Islam, Kristen, Katolik, dan Konghucu. khusus konghucu, hindu dan budha, tokoh – tokoh agamanya berasal dari korea selatan, thailand dan filipina.(*)

Komentar Pembaca