Toyota Sienta Sasar GIIAS Makassar

0
87

Inspiratifnews.com – Makassar, Setelah roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) membidik Makassar sebagai pasar kendaraan serbaguna (MPV) terbarunya, Sienta.

“Ini lebih pada pengenalan produk atau regional preview,” kata GM Divisi Nasional Area VI (Sulawesi dan Indonesia Timur) TAM, Bansar Maduma di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/7).

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Makassar itu, TAM melalui dealer utamanya, PT Hadji Kalla, menampilkan Sienta yang diperkenalkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, awal April 2016.

“Makassar merupakan pasar MPV, termasuk Sienta, yang penting bagi Toyota,” ujar Bansar.

Dari target pemesanan (SPK) Sienta sebesar 200 unit pada ajang tersebut, ia mengatakan 75 persen diperkirakan berasal dari kota Makassar.

“Kendaraan multi-aktivitas (MAV) Sienta ini sangat cocok untuk masyarakat di perkotaan, termasuk Makassar dan kota lain di sekitarnya karena infrastruktur di Sulawesi Selatan sudah semakin bagus,” ujarnya.

Ia optimistis Sienta yang mengusung konsep mobil multi-aktivitas berkapasitas tujuh penumpang dengan desain yang gaya dan dilengkapi fitur keselamatan kelas dunia (NCAP) itu bakal diterima pasar di Sulawesi, khususnya Makassar.

“Orang Makassar dan Sulawesi pada umumnya suka produk baru. Ini (Toyota Sienta) akan mendongkrak pasar di sini yang selama empat bulan terakhir cenderung stabil,” kata CEO PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) Hariyadi Kaimuddin, menambahkan.

Apalagi, kata dia, MPV merupakan kendaraan favorit di Sulawesi Selatan yang terlihat dari penjualan Toyota di wilayah itu yang lebih dari 50 persen berasal dari Avanza dan Innova.

Bahkan, Indonesia merupakan negara kedua setelah Jepang yang memasarkan Sienta. yang memperkenalkan kendaraan di segmen Multy Activity Vehicle (MAV) hadir khusus dimakassar, dengan konsep Unlock Your Playground atau sebuah konsep baru Toyota yang semakin Fun and Exiciting.

Sementara itu Senior Executive Product Planning & Development TAM Hiroyuki Nakamata mengatakan Sienta yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia memiliki kualitas global dan sama dengan produk sejenis yang dipasarkan di Jepang.

“Bahkan yang sini menggunakan mesin baru (NR series dual VVT-i) yang dikembangkan khusus untuk Indonesia, dan ground clearence yang lebih tinggi sesuai dengan kondisi jalan. Jadi ini lebih baik,” katanya.

Sebelum memasarkan kendaraaan yang pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 2003 dan kini memasuki generasi kedua itu, TAM melakukan riset selama satu tahun, baru kemudian memutuskan Indonesia menjadi pasar Sienta kedua setelah Jepang. (ish)

Komentar Pembaca