UN – Swissindo Sulsel Gelar Aksi Damai

0
250

Inspiratifnews.com – Makassar, Dalam rangka menyambut HUT ke 71 Republik Indonesia Dewan Pengurus (DP) UN – Swissindo Provinsi Sulawesi Selatan menggelar aksi damai di depan kantor Bank Sulsel, Jln. Ratulangi, Jumat 12 agustus.

Dalam aksinya, UN – Swissindo mengajak masyarakat sulsel untuk merenungkan Detik – detik 71 tahun merdeka dan menyampaikan adanya Dokumen Sertifikat Surat Pelepasan Pembebasan Utang yang dikeluarkan, disahkan dan dilegalkan oleh UN – Swissindo yang diperuntukkan bagi TNI – Polri serta seluruh rakyat indonesia.

Ketika dikonfirmasi saat aksi damai, Kordinator Lapangan DP UN – Swissindo Sulsel Muh Akmal mengatakan bahwa pihaknya tak sekedar melakukan aksi namun kami punya Dasar Hukum sebab pihaknya juga meyakini adanya pembebasan utang rakyat indonesia, ujarnya.

Dasar Hukum yang dimaksud yakni UUD 45 Pasal 28 tentang kemerdekaan berserikat dan berkumpul, UU No.8 tahun tentang organisasi kemasyarakatan, Konvensi ILO no. 87 tahun 1998 tanggal 5 juni tentang kebebasan berserikat dan perlindungan hak untuk berorganisasi, Keppres No. 83 tahun 1998 tentang dasar – dasar hak untuk berorganisasi, dan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Aksi damai ini diikuti puluhan pengunjuk rasa dan sempat memacetkan jalan ratulangi sebab mereka menggunakan setengah badan jalan.

Dan seperti diketahui, tuntutan UN – Swissindo ini menuai kontroversi dan pihak bank yang merasa dirugikan oleh UN – Swissindo juga akan melakukan upaya hukum. (*)

Komentar Pembaca