UPRI Buka Prodi Geologi dan Kemaritiman Pertama di Indonesia

0
183

Inspiratifnews.com – Makassar, Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar menggelar Kuliah Umum menyangkut Tata Kelola Pemerintahan bertempat di Aula Fakultas Teknik, Wakil Walikota Makassar, Dr.Syamsu Rizal MI, S.Sos, M.Si disapa Deng Ical hadir selaku pembicara, senin 7 November 2016.

Mengurangi kesenjangan ekonomi di Makassar, menurut Wakil Walikota Makassar, Deng Ical dengan menumbuhkan kreatifitas anak muda makassar melalui ekonomi kreatif seperti Sekolah Tata Lorong (Sotta Rong) dan Lorong Garden (Longgar), tuturnya.

Hal inilah, kata Deng Ical, peran pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup warganya, sementara mahasiswa adalah pilar bangsa dan aset bangsa masa depan untuk berbuat dan bermanfaat bagi sesama.

Deng Ical diundang ke UPRI, memberikan motivasi positif pada mahasiswa Fakultas Teknik, menurut Andi Ilham, sebagai langkah pencerahan dari tokoh masyarakat salah satunya Deng Ical. selain itu, UPRI juga membenahi infrastruktur kampus sebagai nilai tambah kini mahasiswa telah difasilitasi terowongan tambang.

UPRI semakin optimis untuk tumbuh dan berkembang di wilayah Indonesia Timur, menurut Dekan Fakultas, Ir. Andi Ilham Samalangi, ST., MT.IPP, pihaknya berencana membuka program studi (Prodi) Geologi dan Kemaritiman tahun 2017 mendatang.

Terobasan dan inovasi UPRI, ditengarai sebagai kampus pertambangan pertama di Indonesia yang membuka program studi Geologi dan Kemaritiman setelah sukses membangun terowongan tambang pada tahun ini bekerjasama dengan Kaltim Prima Coal (KPC).

“Pihak universitas tengah menyusun proposal untuk segera diajukan ke Kementerian Pendidikan Tinggi agar pada saat penerimaan mahasiswa 2017/2018, kami sudah siap menyelenggarakan produk tersebut”, tangkas Andi Ilham.

Dari 1500 calon mahasiswa tambang yang mendaftar tahun ini, UPRI Makassar hanya menerima 100 mahasiswa, sebab UPRI Makassar juga telah melakukan uji tes urine pada calon mahasiswa untuk menghindari bahaya penyalahgunaan narkoba. (*)

Komentar Pembaca