Ups, Sulsel urut 2 Soal Kongkalikong Tender Proyek

0
101

Inspiratifnews.com – Makassar – Sulawesi Selatan menempati posisi runner up atau posisi kedua tingkat nasional sebagai daerah yang terbesar dalam kongkalikong tender proyek. Dari data laporan yang masuk ke KPPU, Medan menempati urutan pertama menyusul Sulsel. Anggota Komisioner KPPU Pusat Dr. Karina mengatakan, bahwa sekitar 90% laporan yang masuk adalah terkait tender proyek.

“Sulsel menempati urutan ke-2 sedang urutan pertama ditempati oleh Medan dalam hal monopoli proyek,” ujar Karina di hotel Imperial Aryaduta Makassar Kamis (28/4/2016).

Menurutnya, bahwa dengan sosialisasi dan edukasi yang terus dilakukan oleh KPPU sehingga ada kesadaran untuk melaporkan setiap kejanggalan dalam tender proyek. Lanjut Karina menambahkan bahwa selain mengawasi tender jalan juga mengawasi persaingan para pelaku usaha.”terangnya.

“Bagi para pelaku usaha yang terbukti melanggar undang-undang persaingan usaha maka akan dikenai yang bisa mencapai millyaran rupiah. Tingginya kongkalikong dalam hal tender proyek juga diakui oleh Ketua KPPU Sulampapua Ramli Simanjuntak.

Dia menambahkan, bahwa dari laporan yang ada, tender proyek diwilayah Sulampapua lebih banyak di monopoli dua nama pengusaha. ”Saat ini ada dua nama yang selalu memonopoli tender proyek,” terangnya Kamis (28/4/2016) di Hotel Aryaduta Makassar.

“Yang menjadi pengawasan dalam tender yakni tender jalan nasional dan tender pengadaan pupuk. “Besok kita akan menggelar sidang untuk 6 paket laporan,” tambahnya. (*)

Komentar Pembaca