Video Nobar Film “Cek Toko Sebelah”

0
226

Inspiratifnews.com – Makassar – Satu lagi film karya anak bangsa yang beredar akhir tahun ini. Bukti kreativitas keterampilan dewasa ini disutradarai oleh Ernest Prakasa berjudul Cek Toko Sebelah. Menceritakan kehidupan keluarga keturunan Cina di Indonesia.

Ernest yang ditemui usai nonton bareng film tersebut, di Studio 21 Mall Panakukang Makassar, Senin (26/12), menceritakan ide awal pembuatan film yang memakan waktu delapan hari proses syuting. Menurut Ernest film ini menggambarkan ironi kehidupan keluarga keturunan Cina di Indonesia yang walaupun kuliah di luar negeri tetap saja akan pulang ke Indonesia dan menjadi pedagang.

“Karena berangkat dari ide cerita keluarga Cina itu yang udah jauh-jauh kuliah di luar negeri balik-balik jaga toko. Itu umum banget di keluarga cina, fenomena seperti itu banyak banget,” ujar pentolan Stand Up Comedy Indonesia 2011 ini.

Ernest juga mengakui jika cerita karya seni budaya tersebut tak jauh dari realita keluarganya yang dulunya pernah punya toko eceran grosir sembako.

“Terus mamaku juga waktu dari aku kecil itu punya toko. Jadi sangat kenal dengan situasi toko itu seperti apa, akhirnya bikin film ini,” tambah pria berusia 34 tahun ini.

Selain Ernest, Film Cek Toko Sebelah juga diramaikan antara lain; Gisella Anastasia, Kinwah Chew, Dion Wioko dan Lala Karmela yang berdarah Tionghoa. Adapula Adinia Wirasti dan sejumlah Stand Up Comedian seperti Arafah, Awwe, Adjis Doa Ibu, Hernawan Yoga, Abdur Arsyad, Sri Rahayu dan Dodit Mulyanto.

Film ini bercerita tentang konflik antara Erwin (Ernest) dan saudaranya Johan (Dion Wioko) dan ayah mereka Afuk (Kinwah Chew). Dimana Erwin diminta oleh ayahnya untuk mewarisi toko keluarga tetapi Ernest lebih memilih untuk kuliah di luar negeri.

Sebagai kakak tertua, Yohan tak terima jika ayahnya mewariskan toko tersebut ke adiknya, Erwin. Di sisi lain, Erwin juga sesungguhnya tak ingin diwarisi toko kelontong itu karena khawatir akan kariernya. Film Cek Toko Sebelah sendiri baru akan tayang secara serentak di bioskop-booskop Indonesia pada tanggal 28 Desember 2016 mendatang.(*)

Komentar Pembaca