Virus HIV AIDS Menular Melalui Tiga Cairan Ini

0
88

 

Inspiratifnews.com – Makassar– Penderita HIV dan AIDS di kota Makassar kian meningkat, tercatat jumlah penderita per Desember 2015 mencapai 5647 untuk penderita l HIV dan 2058 penderita AIDS.

Hal ini diungkapkan oleh sekertaris Komisi Penanggualan AIDS atau KPA Kota Makassar, Mawardi mengatakan jumlahnya terus meningkat berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Makassar jumlahnya bertambah, tercacat pada Januari hingga Juni 2016 penderita HIV pada perempuan sebanyak 107 orang dan laki laki 257 orang.

“Berdasarkan data yang terhimpun dari dinkes perJanuari hingga Juni 2016, penderita HIV itu untuk perempuan ada 107 orang dan laki laki 257 orang, jadi lebih banyak peningkatannya penyebaran virus HIV ini pada laki laki,” kata Mawardi. Rabu 7 Desember 2016.

Pada peringatan hari HIV AIDS sedunia yang digelar di Lapangan Karebosi Makassar, melalui kegiatan ini pihak KPA menyarankan menyarankan, agar semua elemen masyarakat turut membantu dalam mencegah penularan virus ini.

Ditemui disela sela kegiatan, Mawardi menambahkan, jika diketahui ada sesorang yang positif terkena virus HIV agar tidak menggunakan barang yang sudah digunakannya sebelum dicuci karena sebagian penderita HIV cenderung juga terkena penyakit hepatitis.

“Ini hanya saran, jika ada yang positif HIV jangan menggunakan barangnya yang sudah digunakannya sebelum dicuci karena mereka juga cenderung terkena penyakit hepatitis,” lanjutnya.

Sementara jika seorang ibu hamil yang terkena virus ini, disarankan agar melakukan persalinan dengan oprasi cesar agar virusnya tidak menyebar kebayi dan juga tidak menyusui bayinya karena penularan virus HIV dan AIDS menular melalui, Air Susu, darah dan air mani.

“Kalau ibu hamil, persalinannya itu harus melalui cesar dan tidak menyusji bayinya agar virusnya tidak tertular pada bayi, karena sebenarnya virus HIV dan AIDS itu menular melalui air susu, darah, dan air mani,” jelasnya. (*)

Komentar Pembaca