Walikota Parepare Jadi Duta GBB Indonesia 2016

0
93

Inspiratifnews.com-Parepare, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menetapkan Walikota Parepare, Taufan Pawe sebagai Duta Gerakan Bayar Balik (GBB) Indonesia 2016. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan di sela-sela Kongres II IGI di Wisma Kalla, kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, Anwar Saad menjelaskan, Taufan memperoleh penghargaan bergensi itu terkait peran dan kontribusi besarnya dalam pengembangan dunia pendidikan di Parepare. “IDI melihat kontribusi Pak Wali dalam bidang pendidikan di Kota Parepare sangat besar dan layak diberikan penghargaan untuk memotivasi daerah di Indonesia untuk melakukan hal serupa,” katanya di sela-sela coffee morning Pemkot Parepare, di Kompleks Rujab Walikota Parepare, Senin (1/2/2016).

Kebijakan Taufan yang dinilai berkontribusi besar adalah penghapusan seluruh biaya pendidikan pada tingkat pendidikan dasar. Kebijakan ini dinilai IDI berhasil mengurangi angka anak putus sekolah dan membuka akses pendidikan yang lebih luas kepada masyarakat Parepare. Ketua IGI Sulsel, Muhammad Ramli Rahim mengungkapkan, Gerakan Bayar Balik adalah bentuk rasa terima kasih yang akan diberikan orang-orang sukses kepada sekolah tempat ia dulu menimba ilmu. “Ini merupakan upaya untuk mengingatkan tokoh-tokoh sukses tersebut bagaimana ia dulu dicerdaskan oleh gurunya,” kata Ramli kepada wartawan.

Pada Kongres IGI tahun ini, ada 23 pimpinan daerah terpilih menjadi Duta Gerakan Bayar Balik. Mereka semua tersebar di seluruh Indonesia. Lebih lanjut ia menjelaskan, program itu sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (ish)

Komentar Pembaca