Warga Makassar “Percaya” Yudikatif, Eksekutif Ketimbang Legislatif, Apa Indikatornya?

0
159

Inspiratifnews.com – Makassar, Tingkat kepercayaan pada Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, Kejaksaan, Kepolisian, dan Pengadilan dalam satu dekade terakhir mengalami transformasi kualitas kepercayaan berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) Makassar.

Ketiga lembaga hukum, dinilai warga makassar paling dipercaya dalam satu dekade baik Pengadilan, Kejaksaan, dan Kepolisian elektabilitasnya meningkat seperti dilansir LSKP, pada tahun 2006 warga makassar tidak percaya pada lembaga hukum tersebut yakni Pengadilan (2,21%), Kejaksaan (1,95%), dan Kepolisian (2,38%) sementara ditahun 2016, ketiga lembaga hukum terbukti dipercaya oleh warga makassar seiring elektabilitas pun meningkat yakni Pengadilan (2,54%), Kejaksaan (2,55%), dan Kepolisian (2,64%).

Direktur LSKP, Andi Yani mengatakan warga makassar memiliki kualitas kepercayaan yang relatif baik pada lembaga hukum dalam satu dekade, setelah kami melakukan survei tahun lalu hasilnya berbanding lurus dengan kualitas kepercayaan pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, ujar Yani saat dikonfirmasi pekan lalu.

Elektabilitas kepercayaan pada Pemerintah, kata Yani, sejauh ini mengalami tren positif sesuai survei yang kami lakukan porsi kepercayaan masyarakat ke pemerintah kota meningkat ketimbang kepercayaan pada Pemerintah Pusat, yakni Pemerintah Kota (2,78%), Pemerintah Provinsi (2,7%), dan Pemerintah Pusat (2,71%),dari electability ditahun 2006 yang masih berada dibawah 2,67%, ungkap yani.

Namun, yang memprihatinkan kinerja Anggota Dewan Makassar, Provinsi Sulsel dan Pusat masyarakat malah tidak dipercaya oleh warga makassar, demikian halnya juga Partai Politik, Menurut Andi Yani, kecenderungan masyarakat yang bersifat apatis membuat warga makassar tidak percaya pada legislatif dalam sepuluh tahun terakhir, namun kualitas kepercayaan mulai membaik dibandingkan satu dekade terakhir, masyarakat mempunyai kualitas kepercayaan pada pemerintah kota ditahun 2016 ketimbang satu dekade yang lampau, imbuh Andi Yani.

Survei LSKP dilakukan pada tahun 2016 dengan mewawancarai 429 responden yang diambil dengan metode Random Sampling yang tersebar di 14 kecamatan sekota Makassar. (*)

Komentar Pembaca