Warga Tolak Lapindo Buat Sumur Baru, Pemkab kerahkan Aparat

0
64

Inspiratifnews.com-Sidoarjo PT. Lapindo Berantas. inc memasuki babak baru, perusahaan milik petinggi salah satu parpol tersebut kembali melakukan aktifitas pengeboran baru di area desa Kedungbanteng dan Banjarsari Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur.

Lokasi tersebut hanya berjarak 2,5 km dari pusat semburan lumpur yang sampai saat ini masih aktif serta berjarak 20 meter dari pemukiman warga.

Hal ini  sontak mendapat penolakan dari warga sekitar, karena dikhawatirkan akan terjadi semburan lumpur lagi seperti kejadian pada 2006 lalu yang memakan ribuan rumah, sawah dan warga terusir dari desanya.

Tetapi protes warga tidak didengar dan justru mendapat teror dan tekanan dari mulai dari aparat desa, polisi, tentara dan preman yang jumlahnya begitu banyak.

Menurut rilis yang dikirim oleh Institute For Democrazi and marginality (FORDEM) ke redaksi inspiratifnews, (8/1/2016) tercatat pada tanggal 6 januari 2015 pemkab sidoarjo membantu PT. Lapindo mengerahkan 500 aparat gabungan TNI-Porli untuk memaksakan alat berat masuk lokasi.

Pengeboran baru akan dijadwalkan pada maret mendatang.” Sampai hari ini warga sekitar mengeluh dan mengharap bantuan agar pengeboran baru tersebut tidak terjadi” ungkap Idham Choliq selaku Ketua Badan Pekerja Fordem

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat organisasi non pemerintahan (Ornop)/LSM, ormas islam, mahasiswa, buruh, tani dan rakyat indonesia yang tidak sepakat atas pengeboran baru tersebut untuk menyatukan suara protes dan menolak atas tindakan serakah yang hanya mementingkan keuntungan dan tindakan kezhaliman yang akan merusak alam ini. Mendesak Bupati Sidoarjo untuk mencabut izin pengeboran baru PT. Lapindo Berantas . inc” tambahnya. (Uc2)

Komentar Pembaca