Waspada ! Akun @joxzin_jogja Menuding Din Syamsuddin Sebagai Donatur ISIS

1
312

Inspiratifnews.com – Makassar, Prof.Din Syamsuddin, mantan Ketum PP Muhammadiyah kembali disebut sebagai penyandang dana gerakan ISIS. Pemilik akun twitter @joxzin_jogja memposting capture gambar yang di dalamnya ada nama Pak Din.

Akun Twitter bernama Joxzin Jogja ini disinyalir sengaja memperkeruh situasi di Indonesia. Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketum PP Pemuda Muhammadiyah meng-ultimatum akan menemukan penyebar fitnah ini.

“Yakinlah, saya dan Kokam Pemuda Muhammadiyah akan menemukan Anda karena berani fitnah Prof.Din Samsuddin”, ungkap Dahnil.

Dahnil mengintruksikan kepada anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah untuk memburu pemilik akun yang melakukan fitnah tersebut.” Saya instruksikan, semua anggota Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM untuk memburu pemilik akun Twitter @joxzin_jogja”,tegasnya.

Foto : Sangpencerah.id
Foto : Sangpencerah.id

Dari penelusuran inspiratifnews.com, pembaca yang budiman sebaiknya cermat dalam melihat akun twitter tersebut. yang menuding Din Syamsuddin sebagai salah satu donatur ISIS, untuk itu perlu menyimak seksama hasil penelusuran kami sehingga dapat mencegah upaya provokasi lewat media sosial seperti kejadian di Irak dan Suriah.

Apakah “Joxzin Jogja@joxzyn_jogja” bisa dimasukkan golongan upaya provokasi ketika men-tweet “6 Orang Indonesia Yang Menjadi Penyandang Dana Gerakan Jihad dan Al-Qaidah di Timur Tengah, Irak dan Suriah?”

Bagaimana tidak lucu, ternyata tweet “Joxzin Jogja” itu merujuk pada situs kesekian, yang itupun salah dalam meng-copy paste tulisan dari situs lain. Lihatlah ketika akun abal-abal ini merujuk pada almashhad-alyemeni.com untuk mendukung klaimnya. Melihat tanggal penerbitan, tulisan hoax itu ternyata dilansir pada 1 Desember 2014.

Seperti dilansir PWMU.CO, almashhad-alyemeni bukanlah situs yang pertama kali memuat tentang tulisan hoax “Para Pendukung ISIS” itu. Pertama kali dimuat pada pada tanggal 19 Juni 2014, oleh http://albaathmedia.sy, sebuah media milik Partai Baath Suriah.

“Tentang Kami” dalam laman tersebut dengan jelas disebutkan “portal berita yang mencakup peristiwa, politik, dan ekonomi di Suriah. Juga mencakup semua hal yang terakit dengan Partai Sosialis Arab Baath, selain tentu saja dunia Arab dan Internasional”.

Seperti diketahui, Baath adalah partai tempat bernaung Presiden Suriah saat ini, Bassar Assad. “Meski tidak mencantumkan struktur keredaksiannya, situs ini bisa dipastikan di bawah kekuasaan Assad. Sebab, tidak ada berita yang tidak baik tentang Partai Baath Suriah maupun Assad di portal ini,” jelas Ketua Lembaga Informasi dan Komunikasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Muh Kholid AS.

“Portal di bawah rezim yang sedang menghadapi pemberontakan inilah yang pertama kali mencomot nama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2005-2015 Prof Din Syamsuddin sebagai penyokong ISIS,” tambah Kholid.

Tulisan itu diberi judul “Watsaa-iq Amriikiyyah Sirriyah.. Mumawalliy (Daa’ish) al-Irhaabiyyah Mu’adhdhuhum Su’uudiyyiin”. “Kira-kira terjemahan bebasnya adalah Dokumen Intelejen Amerika: Penyokong Pemberontak ISIS Kebanyakan Berwarga Negara,” tambah Kholid.

Dilihat dari situs yang pertama menulis Din Syamsuddin- ISIS ini, tambah Kholid, sesungguhnya kebenaran berita itu sudah bisa ditebak. “Sebab, dalam tragedi Arab Spring di Suriah, posisi pemerintahan Assad berseberangan dengan Amerika yang justru mendukung pemberontak. Lha kok lucunya, justru mereka bisa mendapat data dari lawannya dengan sedemikian gamblang,” tukas Kholid. (*)

Komentar Pembaca