Wisata Kuliner Berbahan Ikan dan Bahan Lokal

0
124

Inspiratifnews.com – Makassar, Kementerian Pariwisata RI menggelar event bergengsi Lomba Kuliner Berbahan Ikan dan Pangan Lokal pada tanggal 14-15 mei di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

Salah satu potensi dan peluang sumber daya pariwisata budaya yang dapat dikembangkan adalah kuliner, Indonesia memiliki 5000 jenos makanan tradisional, kekayaan kuliner tradisional sebagai warisan budaya bangsa yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditegaskan, Menteri Pariwisata Arief Yahya berkomitmen mempromosikan salah satu pesona wisata budaya melalui kuliner yang menjadi daya tarik pariwisata unggulan, selain itu juga mendorong pemerintah bersama stakeholder pariwisata untuk membangun sebuah destinasi wisata kuliner yang berdaya saing, ungkapnya.

Menurut Menteri Arif Yahya, sektor pariwisata menyumbang 9,8% terhadap PDB dunia sedangkan di tanah air sektor travel and tourism menyumbang 9,6% terhadap pembentukan domestic bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2015 atau US$82,4 milyar, sumbangan devisa tahun lalu mencapai US$12,578 juta meningkat dari tahun sebelumnya sekitar US$11,166 Juta.

Makassar terkenal dengan aneka kuliner yang sudah tidak diragukan lagi bagi lidah masyarakat indonesia, Raseno Arya selaku Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal menuturkan bahwa melalui kegiatan lomba Kuliner Berbahan Ikan dan Pangan Lokal diharapkan dapat memberikan konstribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pejabat dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia membuka kegiatan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Makassar, selain itu Kegiatan Kementerian Pariwisata ini juga menghadirkan Cheft Muto dari Jakarta dan bintang tamu Adera yang tampil memukau menghibur pengunjung wisata kuliner ini.(ish)

Komentar Pembaca