Xiaomi Mi 4i lebih unggul di pasaran

0
65
Inspiratifnews.com-techno, Xiaomi Mi 4i merupakan pembaruan dari seri sebelumnya yaitu Xiaomi Mi 4. Meski hanya menggunakan sedikit penambahan pada nama, namun banyak perbedaan yang dihadirkan dari sisi spesifikasi.
Seri ini sendiri menyasar kelas menengah namun tetap ditawarkan dengan harga menarik, sesuai dengan apa yang selalu dihadirkan Xiaomi sejauh ini. Secara garis besar perbedaan terdapat peningkatan pada prosesor, GPU, serta sistem operasi yang lebih baru.
Namun ada pula penurun spesifikasi misalnya kapasitas RAM pada Mi 4i yang lebih kecil, serta resolusi kamera depan hanya 5 MP. Mi 4 hanya mendukung satu slot kartu SIM sedangkan Mi 4i mendukung dua slot. Yang menarik, desain pada Xiaomi Mi 4i mengingatkan sebagian orang akan desain iPhone. Dengan bentuk kotak yang memiliki siku menumpul pada tiap sudutnya.
Desain ini tampil sederhana namun cantik dan dibalut material plastik matte pada cover belakangnya. Dengan ukuran yang tipis dan ringan membuatnya cukup ergonomis dan nyaman digenggam. Mi 4i menggunakan layar IPS LCD dengan kualitas full HD yang dibuat oleh perusahaan elektronik Sharp yang sudah berpengalaman dalam membuat layar TV. Dengan tingkat kerapatan yang terbilang tinggi yaitu 441 ppi, tampilannya cukup tajam dan jernih serta nyaman di mata.
Ini masih dilengkapi dengan fitur Sunlight Display yang membuatnya tetap nyaman dilihat meski berada di bawah cahaya matahari. Layar tersebut juga sudah mendukung hingga 9 sensor dimana jumlah ini biasa ada pada smartphone premium, sedangkan untuk fitur multitouch-nya sudah mendukung hingga 10 titik sentuhan. Xiaomi Mi 4i memiliki dua slot micro SIM card yang keduanya mendukung jaringan 4G dan bisa diaktifkan secara bersamaan.
Hanya saja untuk pengunaan internet, Anda hanya bisa menggunakan salah satunya secara bergantian. Jika slot pertama untuk berinternet maka slot kedua hanya untuk telekomunikasi, begitu pula sebaliknya. Namun Mi 4i hanya mendukung frekuensi 1800 MHz saja. Untuk media simpan, Mi 4i ini hanya menyediakan kapasitas internal 16 GB dan tanpa dukungan slot eksternal micro-SD. Untungnya sudah mendukung flashdisk OTG sehingga bisa menjadi alternatif untuk menyimpan konten-konten berukuran besar.
Kamera juga menjadi salah satu unggulan. Kamera depan memiliki beragam pengaturan serta 6 pilihan mode serta 12 pilihan filter. Untuk video, pengguna memiliki pilihan mode fast motion dan slow motion. Sedangkan kamera depan hanya memberikan filter dan tanpa adanya pengaturan pada mode video. Mi 4i dilengkapi dengan sistem operasi Android Lollipop dengan tampilan antarmuka MIUI 6. Tampilan antarmukanya tidak menggunakan drawer apps dan hanya home screen saja sehingga semua aplikasi yang terpasang akan langsung ditampilkan disini bersamaan dengan widget dan folder.
Saat kami lakukan pengujian, ternyata telah terdapat update ke MIUI 7. Sebelum memasangnya, kami coba lakukan benchmarking untuk melihat peningkatan kinerja yang dihasilkan. Setelah selesai, barulah kami melakukan update dan melakukan benchmarking yang sama. Dari skor yang dihasilkan, terjadi peningkatan kinerja terutama pada aplikasi berbasis prosesor. Sedangkan kinerja grafis yang diwakili aplikasi 3Dmark tidak menunjukkan peningkatan yang berarti. Selain kinerja, beberapa perbaikan juga terjadi. Contohnya pada aplikasi kamera.
Pada MIUI 6, kamera mengalami kesalahan dalam mendeteksi lampu flash. Saat kami matikan, fungsi lampu flash malah menyala. Begitu pula dengan beberapa fungsi lain. Namun setelah melakukan update, semua permasalahan tersebut langsung hilang. Untuk informasi tambahan, pada forum resmi mereka, banyak pengguna lain yang mengeluhkan beberapa bug pada MIUI 6.
Dan MIUI 7 hadir guna mengatasi bug tersebut. (gbr.kartu) Dual micro-SIM Menggunakan desain unibodi, SIM tray terletak di sisi kiri dan untuk mengeluarkannya harus menggunakan SIM card ejector yang sudah tersedia dalam paket penjualan.
Percakapan Obrolan Berakhir.

Komentar Pembaca