Yuk Ke Car Free Day, Tukarkan Uang Koin Kamu

0
59

Inspiratifnews.com – Makassar, Bank Indonesia (BI) mengajak masyarakat untuk menukarkan koinnya pada Gerakan Koin Nasional. Untuk di Sulawesi Selatan sendiri kegiatan itu rencananya akan digelar di Anjungan Pantai Losari.

Bagi Anda yang memiliki koin dan bingung akan membelanjakannya kemana, ada baiknya untuk datang ke Pantai Losari di area car free day di hari Minggu 4 September pada pukul 06.00-10 pagi.

Kepala Kantor BI Sulsel Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan uang koin ke BI. “Hal ini karena kami melihat kondisi di BI yang terus menyalurkan uang koin tapi yang kembali itu sangat sedikit,” kata Wiwiek pada wartawan di kantor BI Sulsel Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (1/9/2016).

Seperti fenomena tang terjadi di masyarakat, uang koin kerap kali hanya disimpan dan enggan dibelanjakan. Sebab, bagi sebagian pihak tidak lagi menganggap uang koin sebagai mata uang yang layak dibelanjakan.

“Padahal uang koin memiliki masa edar yang lebih lama dibanding yang kertas. Jadi seharusnya masih digunakan,” jelas Wiwiek.

Uang koin dari nominal Rp 100 -1.000 lanjut Wiwiek masih sangat layak untuk digunakan. BI sebagai salah satu lembaga keuangan tertinggi negara belum pernah mengeluarkan aturan atau ultimatum tentang uang koin yang tidak bisa lagi digunakan.

Wiwiek menyebutkan, selama tahun 2016 ini BI Sulsel telah meyalurkan uang koin sebesar Rp 11 miliar. Namun hingga Agustus yang kembali ke BI baru mencapai Rp 7 juta atau sekitar 0,03 persen dari yang telah dikeluarkan.

“Kami berharap melalui gerakan ini masyarakat bisa lebih sadar untuk menggunakan uang koinnya. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk menukarkan uang koinnya dengan uang kertas di hari Minggu nanti,” terang Wiwiek. (*)

Komentar Pembaca