oleh

Bupati Bantul, Buka Sosialisasi Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Stunting Bagi Calon Pengantin

INSPIRATIFNEWS.COM, Bantul – Bupati Bantul hari ini membuka kegiatan Sosialisasi Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Stunting bagi Calon Pengantin, Peserta Generasi Berencana (Genre) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Pendopo Manggala Parasamya II. Senin (01/11/2021).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul dengan KUA dan Puskesmas, yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang unggul di masa mendatang.

Karena, peran keluarga dan orang tua dalam mendidik serta membesarkan anak menjadi kunci utama dalam membentuk keluarga sejahtera dan berdaya guna.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menjelaskankan bahwa dalam pengelolaan pembangunan keluarga dimulai dari proses mempersiapkan seseorang pada tahap remaja, membentuk keluarga, pra hamil, hamil, melahirkan, mempunyai bayi dan seterusnya.

“Salah satu fase penting dalam proses pembangunan keluarga adalah bagaimana mempersiapkan kesehatan reproduksi bagi remaja, calon pengantin dan seorang ibu yang akan melahirkan berikut dengan kesehatan bayi baik bayi yang masih dalam kandungan maupun setelah dilahirkan”, tutur Bupati.

Bupati juga mengatakan jika kesehatan mental dalam mempersiapkan kehamilan dan kelahiran juga perlu diperhatikan. Karena, kalau seorang ibu tidak siap mental untuk hamil, maka dia tidak dapat mengurus bayinya dengan baik. Seperti, tidak melakukan pemeriksaan saat kehamilan secara teratur serta kurang memberikan kasih saying pada bayi.

“Dengan pemahaman seperti itu, maka diharapkan anak yang dilahirkan seorang ibu yang cukup umur dan sehat secara fisik serta mentalnya, akan bisa menghasilkan anak yang sehat dan terhindar dari stunting”, harap Bupati.

Terakhir, Bupati menyampaikan jika masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera adalah dengan pembangunan yang dimulai dari keluarga dan generasi mudanya.

(min/hmsbantul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed